gatal area vagina, lecet disertai gumpalan putih seperti bubur

ZY Info Penanya: ZY, Wanita, 26 Tahun
Dokter, semenjak setelah menstruasi kemarin saya merasa gatal pada area vagina, karena lecet akibat pemakaian pembalut. Sekarang gatalnya menjadi lebih parah disertai ada gumpalan putih seperti bubur dari dalam vagina. Gejala apakah ini dok? Bagaimana solusinya? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam ZY

Gatal, lecet dan gumpalan putih di vagina dapat disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut bakterial vaginosis. Kondisi ini terjadi akibat flora normal disekitar vulva vagina tergantikan oleh bakteri anaerob yang membuat gumpalan putih dan berbau. 

Penyakit ini dapat dicetuskan oleh kondisi seperti kurang menjaga kebersihan vagina, sedang mengkonsumsi antibiotik, penggunaan obat cebok vagina, kelainan hormonal dan stress. 

Saya sarankan anda untuk mencuci bersih alat kelamin, hindari penggunaan obat cebok vagina, hindari melakukan hubungan sexual selama vagina gatal dan banyak bergumpal, sering mengganti celana dalam jika lembab. 

Selain itu juga anda dapat mengkonsumsi antibiotik untuk menghilangkan bakteri penyabab vaginosis berdasarkan saran dokter. 

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hampir sama, namun perbedaan penyakit klamidia dan gonorea dapat diidentifikasikan lewat penyebabnya

Bagaimana Cara Membedakan Penyakit Klamidia dengan Gonorea?

Ciri-ciri penyakit klamidia sulit untuk dibedakan dengan gonorea. Keduanya termasuk dalam infeksi menular seksual yang sering terjadi. Namun, perbedaan penyakit klamidia dan gonorea dapat diidentifikasikan melalui pemeriksaan sederhana tes amine.