12 Sep 2021, 12:27Kulit & Kelamin

Gatal akibat kelebihan protein

S
Info Penanya: S0
Dokter, apa benar kelebihan protein bisa menyebabkan gatal. Soalnya beberapa hari ini saya sering sekali makan ikan dan ayam, dan memang terkadang suka gatal tapi tidak sering.
471 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat pagi, S.Protein merupakan bahan makanan (asam amino) yang sangat dibutuhkan oleh otot tubuh sebagai salah satu sumber energy. Protein terdiri dari 2 sumber, yaitu protein nabati yang berasal dari tumbuhan dan protein hewani yang bersumber dari daging ternak hewan.Pengertian gatal itu sendiri ialah sinyal nyeri ringan yang diterima tubuh dan diartikan sebagai sensasi gatal yang menyebabkan terjadi reflex menggaruk area tersebut. Biasanya rasa gatal juga disertai dengan keluhan lain seperti timbulnya ruam merah pada tubuh, pembengkakan pada area wajah, keringat dingin, sulit menelan atau berbicara, jantung berdebar hingga sesak napas. Kondisi inilah yang dinamakan dengan alergi.

Apa saja sumber protein yang menyebabkan alergi?

  • Susu
  • Telur
  • Ikan laut
  • Kacang-kacangan
  • Daging hewan ternak. Sebagai contoh daging ayam, sapi, kambing.

Hal yang dapat dilakukan bila timbul rasa gatal setelah mengkonsumsi protein?

Bila gejala yang ditimbulkan adalah reaksi alergi ringan seperti gatal dan ruam kemerahan maka saudara dapat menghentikan sementara dan menghindari makanan bersumber protein tersebut. Diharapkan dapat memeriksakan diri lebih lanjut kepada dokter terdekat atau dokter spesialis kulit bila ditemukan adanya reaksi alergi yang berat agar mendapat penanganan medis secara dini. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
proteinalergigatalmasalah kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil