Gastritis yang tidak kunjung sembuh

FS Info Penanya: FS, Wanita, 42 Tahun
Dok, kenapa gastritis saya tidak sembuh-sembuh? Padahal sudah dari bulan lalu. Dan saya sudah ke dokter tiga kali, dan menggunakan obat dari dokter. Sakit perut yang saya rasakan seperti sensasi perih dan juga agak sesak dada. Bagaimana sarannya ya? Padahal saya sudah mengindari makanan pedas dll.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FS,

Gastritis adalah peradangan dinding lapisan lambung. Penyebabnya bisa karena iritasi dari asam lambung dan juga bisa terjadi akibat infeksi. Jika tidak diatasi dengan baik, gastritis bisa menyebabkan adanya luka atau tukak di lambung.

Gejala gastritis

Gejala gastritis sendiri beragam seperti diantaranya adalah:

  • Nyeri ulu hati
  • Dada terasa sesak
  • Mual dan muntah
  • Perut terasa begah atau kembung 
  • Nyeri setelah diisi makanan
  • Nyeri perut saat terlambat makan
  • Buang air besar dengan feses yang lebih gelap atau kehitaman
  • Keluhan lainnya

Gastritis sendiri bisa terus menerus kambuh dimana pemicunya adalah gaya hidup sehari-hari seperti pola makan yang kurang baik, asupan makanan yang mengiritasi lambung, sering mengalami stres dan cemas, kebiasaan lain yang kurang baik seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol dan lainnya.

Untuk itu perlu diperbaiki kesehariannya, makan sedikit tapi sering, hindari makanan pedas, asam, bersantan, minuman berkafein seperti kopi, teh, cokelat, soda, kelola stres dengan baik. Bisa juga minum obat antasida sebelum makan untuk mengurangi gejala.

Apabila tidak ada perbaikan perlu diperiksakan pada dokter spesialis penyakit dalam untuk dipastikan kondisinya. Bila perlu dilakukan pemeriksaan endoskopi untuk menilai ada tidaknya luka atau tukak di lambung dan di usus dua belas jari. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Radang usus besar dapat berpotensi menjadi kanker kolorektal

Segera Tangani Radang Usus Besar Sebelum Menjadi Kanker Kolorektal!

Radang usus besar dapat meningkatkan risiko mengalami kanker kolorektal. Oleh karenanya, ketahui gejala radang usus besar dan lakukan pemeriksaan rutin.