Garis merah 2 tapi tidak nampak dalam USG apa wajar?

XY Info Penanya: XY, Wanita, 42 Tahun
Hallo Dok ,, saya seorang ibu yang mendambakan hadir nya seorang anak dlm keluarga. Sya terahir x haid pada tgl 3 juli. Dan pada tgl 8 agustus sya tes urin positif garis merah 2. Dan pada tlg 12 agustus sya pergi ke dokter kandungan, dan melakukan USG ,hasil nya kata dokter saya tidak hamil. Karna tidak terlihat adanya perkembangan dlm rahim saya. Dan besok nya lgi saya tespek lagi ,dan tetap masih garis 2. Apakah kejadian ini wajar? Mohon bantuan jawaban nya trimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang XY,

Tes pack adalah pemeriksaan sederhana yang sering dilakukan oleh wanita yang mengalami terlambat haid serta curiga sedang mengalami kehamilan. Pemeriksaan ini sangat mudah karena hanya perlu mencelupkan strip tes pada urin pagi yang pertama kali keluar. Namun pembacaannya sering menimbulkan kesalah pahaman bila sampai yang muncul adalah 2 garis namun salah satunya berwarna lebih terang atau samar.

Apakah 2 garis yang muncul pada hasil tes pack Anda sudah sama warnanya? Karena bila muncul 2 garis namun yang 1 garis berwarna gelap, sedangkan yang 1 garis berwarna lebih terang, maka bisa dianggap sebagai samar, dan ada 2 kemungkinannya. Kemungkinan yang pertama adalah Anda memang tidak hamil namun muncul 2 garis akibat urin yang menguap, hal ini terjadi bila pembacaan urin dibiarkan terlalu lama. Kemungkinan yang kedua adalah Anda hamil namun hormon kehamilannya belum banyak, sehingga warnanya masih terang.

Perihal kondisi Anda yang sudah melakukan USG namun belum terlihat tanda-tanda hamil, maka bisa saja Anda memang tidak hamil terlebih bila siklus haid Anda sebelumnya sering tidak teratur atau pemeriksaan USG nya terlalu awal.

Sebaiknya bila ada tanda-tanda hamil seperti mual, lemas, sakit kepala, sakit pinggang, maka sebaiknya lakukan tes pack ulang jarak 2 minggu kemudian atau USG ulang untuk lebih pastinya ke dokter kandungan. Selama menunggu masa tersebut, jalankan pola hidup sehat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebenarnya aman bagi ibu hamil naik pesawat asalkan kehamilannya sehat

Aturan Ibu Hamil Naik Pesawat, Ini Penjelasannya

Ketika hamil, ibu mungkin ingin berlibur atau memiliki urusan yang mengharuskannya naik pesawat. Ketahui aturan ibu hamil naik pesawat agar tidak keliru.