Garis Kedua Pada Testpack Belum Terlihat Merah, Hamil Atau Tidak?

IH Info Penanya: IH, Wanita
Sore menjelang malam dok, dok apakah hasil testpek dinyatakan positif meskipun garis yg kedua belum terlihat merah,terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam IH,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Tes kehamilan menggunakan Testpack merupakan tes paling sederhana yang dapat membantu mengetahui adanya kehamilan secara dini. Tes ini tergolong mudah dilakukan dan dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke fasilitas kesehatan.

Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel urin pertama di pagi hari. Testpack akan menunjukkan reaksi terhadap keberadaan hormon HCG di Urin. Hormon ini diproduksi oleh plasenta muda sejak awal kehamilan, mulai dari 7 hari setelah terjadi pembuahan dan terus meningkat hingga usia kehamilan 12 minggu. Kadar hormon HCG dalam Urin tertinggi pada pagi hari. Jika setelah melakukan tes hasilnya garis kedua tampak samar atau berwarna merah muda, bisa saja kadar hormon HCG dalam Urin Anda belum cukup banyak. Pastikan Anda menggunakan Urin pertama di pagi hari supaya kadar hormon HCG cukup untuk terdeteksi alat testpack. Jika sudah Anda lakukan dengan benar dan hasilnya masih samar, Anda dapat mengulangi tes 3 minggu kemudian karena pada saat itu plasenta sudah mulai berkembang lebih sempurna sehingga hormon HCG yang dihasilkan pun lebih banyak.

Anda dapat mulai konsultasi dengan dokter spesialis kandungan Anda jika hasilnya menunjukkan Anda positif hamil supaya Anda dapat mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan pada awal kehamilan. Berikut ini saya lampirkan artikel Panduan Lengkap Tes Kehamilan dan Cara Tepat Menggunakan Testpack untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Indirasthi Dwi Astari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelainan kromosom diduga menjadi penyebab hamil kosong

Sandra Dewi Pernah Mengalami Hamil Kosong, Apa Penyebab Kondisi Ini?

Hamil kosong terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tidak membelah dan membentuk embrio. Kondisi ini disebabkan oleh kelainan kromosom, yang terjadi saat pembuahan sel telur.