Garis Hitam Vertikal Di Kuku Pada Anak

AP Info Penanya: AP, Wanita, 2019 Tahun
Anak saya usia 4 tahun, laki-laki, ada garis hitam vertikal di kuku ibu jarinya (seperti tergaris spidol) sejak usia kurang dari 1 tahun.Tahun lalu, saya periksakan ke spesialis kulit. Pemeriksaan hanya dilihat dengan kaca pembesar, ditanya histori keluarga, dan gejala fisik lainnya (tidak ada gatal, nyeri, dll). Diagnosa: tahi lalat tanda lahir saja.Sekarang garisnya makin tebal, tapi tetap tidak ada keluhan lain. Apakah anak saya harus kembali diperiksa oleh dokter? Spesialis kulit atau sp.anak? Apakah perlu biopsi?Terima kasih jawabannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam AP,

Garis hitam pada kuku anak anda disebut linear melanonychia. Linear melanonychia terjadi akibat peningkatan deposit dan produksi melanin atau penambahan jumlah sel pigmen. Sayang sekali tidak disebutkan berapa garis yang muncul (satu garis/banyak). Penyebab terjadinya linear melanonychia dapat bermacam-macam, antara lain :

  • Aktivasi dari melanosit (sel pigmen)/penambahan jumlah sel melanin : Nevi/nevus (tanda lahir), subungual melanoma
  • Faktor fisiologis : racial melanonychia (terutama pada ras Afrika Amerika, Hispanik, India, Jepang, atau ras kulit gelap lainnya)
  • Trauma
  • Penyakit sistemik (berupa garis multipel) : addison disease, cushing syndrome, hiperbilirubin, hipertiroid
  • Penyakit kulit : psoriasis, infeksi jamur, basal cell carcinoma, bowen disease, subungual fibrous histiocytoma
  • Obat-obatan : ibuprofen, minocycline, phenytoin, tetracycline, steroid
  • Berhubungan dengan sindrom : Laugier-Hunziker Syndrome, Peutz-Jeghers Syndrome, Touraine Syndrome

Apabila anda merasa khawatir dapat konsultasi kembali ke dokter spesialis kulit. Nanti setelah diperiksa dengan seksama, dokter dapat menyarankan apakah sebaiknya dilakukan biopsi atau tidak. Biopsi sebaiknya dihindari sebisa mungkin karena dapat membuat kerusakan permanen pada kuku.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Jeng Yuliana

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati

Mengapa Shampo Kutu Kadang Gagal Hilangkan Kutu Rambut?

Efektivitas produk sampo antikutu lambat laun menurun dalam membasmi kutu rambut. Hal ini disebabkan kutu rambut telah kutu rambut bermutasi genetik dan kebal. Salah satu cara menghilangkan kutu rambut adalah rutin menyisir rambut dengan sisir serit.