Bagaimana aturan suntik KB dan pil KB?

IT Info Penanya: IT
Dok, saya kan abis suntik kb tgl 25 April, namun sekarang saya haid, bolehkah saya minum pil KB sekarang, bukannya hari pertama haid bagus buat minum pil KB?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IT,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

KB Suntik terbagi menjadi 2 yaitu KB Suntik 3 bulan yang merupakan KB dengan menyuntikkan hormon progesteron dan KB Suntik 1 bulan yang mengandung progesteron dan esterogen. Metode KB suntik memiliki efektivitas yang tinggi dalam mencegah kehamilan, yakni hingga lebih dari 98%.

Cara Kerja KB Suntik mencegah kehamilan dengan cara :

  • Menghentikan ovulasi setiap bulannya
  • Mengentalkan lendir di leher rahim, sehingga sperma terhalang dan sulit masuk ke rahim untuk membuahi sel telur
  • Membuat lapisan rahim menjadi lebih tipis, sehingga bila ada sel telur yang berhasil dibuahi, sel tersebut tidak akan berkembang karena kondisi rahim yang tipis

Pil KB merupakan metode kontrasepsi bentuk tablet yang mengandung hormon estrogen dan progesteron, atau hanya progesteron saja. Pil KB yang mengandung progesteron ini juga dapat mengakibatkan seorang wanita tidak mendapatkan menstruasi.

Pil kombinasi hormon estrogen dan progesteron mencegah terjadinya kehamilan dengan cara menghambat indung telur atau ovarium melepaskan sel telur, serta mempertebal lapisan lendir di dalam leher rahim.

Jika Anda sudah menggunakan KB Suntik sebaiknya tidak menggunakan KB lain secara bersamaan, sebaiknya menggunakan 1 jenis KB saja. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter umum atau kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sarapan seperti muesli, buah, atau kacang-kacangan dapat membantu mengatasi rasa mual saat hamil

Sarapan, Cara Mengatasi Mual saat Hamil di Pagi Hari

Untuk mengatasi mual saat hamil, ibu hamil bisa mencoba sarapan seperti smoothie alpukat, muesli, roti gandum isi telur, bubur gandum, buah, kacang dan biji-bijian.