26 May 2020, 22:06Penyakit Lainnya

Mengganti kateter, apakah rasanya nyeri ?

PY
Info Penanya: PY, Pria, 1 Tahun
selamat malam dok,saya mau tanya,apakah mengganti,melepas kateter lama dan memasang lagi dengan yang baru itu rasanya sakit sekali?
19499 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, PY.Kateter adalah suatu alat yang dipasangkan pada saluran kemih unruk membantu melancarkan pengeluaran urine atau air seni. Terdapat dua jenis kateter yaitu kateter urine yang dipasangkan lewat lubang kemih dan kateter suprapubik yang secara langsung dimasukan ke kandung kemih. Alat tersebut digunakan bagi individu yang mengalami gangguan berkemih. Penggunaan jenis kateter akan disesuaikan dengan gangguan yang dialami pada saluran kemih.

Adapun beberapa kedaan dan kondisi medis yang mengharuskan seseorang menggunakan kateter, diantaranya adalah :

  • penyakit tertentu seperti penyakit ginjal, penyakit pembesaran prostat dan lain-lainnya
  • cedera pada organ kemih
  • cedera pada saraf tulang belakang
  • dalam keadaan pembiusan
  • dalam keadaan rawat inap karena penyakit tertentu yang mengharuskan untuk mengukur cairan yang keluar
  • dan lain-lainnya
Mengenai pertanyaan Anda, kendati rasa nyeri dapat merupakan salah satu efek samping dari pemasangan kateter, namun sifatnya relatif. Hal ini dapat bergantung pada cara pemasangan yang baik dan benar, kerjasama dari pasien untuk mengikuti instruksi tenaga medis saat pemasangan, dan gangguan atau kondisi medis apa dan seberat apa yang sedang dialami. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir karena tenaga medis akan mengupayakan yang terbaik dalam meminimalisir efek samping pemasangan tersebut dan umumnya dokter akan memberikan obat nyeri jika keluhan nyeri dirasa memberat. Untuk keterangan lebih lanjut, berkonsultasilah dengan dokter yang menangani Anda.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
saluran kemihpenyakit saluran kemihnyeri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil