Gangguan tidur bagaimana mengatasinya?

MN Info Penanya: MN, Wanita, 19 Tahun
Malam dok keluhan saya saya susah tidur ketika saya tidur siang malem nya tidak bisa tidur hingga jam 6 pagi dok jadi gmnyah dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MN,

Insomnia adalah gangguan tidur dimana kesulitan untuk memulai tidur atau sering terjaga saat sudah tertidur, keduanya sama-sama menimbulkan dampak negatif yakni badan terasa lemas keesokan harinya, gangguan konsentrasi, dan perubahan emosional menjadi lebih mudah marah.

Berikut ini beberapa penyebab insomnia :

  • Gangguan lambung atau GERD, dimana asam lambung yang naik akan menimbulkan keluhan sesak napas sehingga akan mengganggu saat tidur.
  • Pekerjaan dengan sistem shift malam, dimana shift malam akan merusak jam biologis tubuh karena tubuh dipaksa untuk bekerja saat malam hari.
  • Faktor stres atau depresi.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk memudahkan tidur adalah dengan cara :

  1. Hindari makan sebelum tidur. Boleh makan maksimal 3 jam sebelum tidur, untuk mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.
  2. Hindari stres. Cari kegiatan baru yang menyenangkan.
  3. Lakukan olahraga ringan seperti yoga sebelum tidur.
  4. Minum susu hangat untuk relaksasi tubuh sebelum tidur.
  5. Hindari konsumsi kafein.
  6. Biasakan bangun dan tidur di jam yang sama.

Bila keluhan berkelanjutan, sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, mudah marah, maka lakukan pemeriksaan ke psikiater untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit narkolepsi adalah gangguan tidur yang menimbulkan rasa kantuk yang tidak tertahankan dan membuat orang tidur seketika meskipun saat sedang bekerja

Fenomena Orang Tidur Seketika Disebabkan oleh Penyakit Narkolepsi

Penyakit narkolepsi dapat menyebabkan orang tidur di pagi dan siang hari akibat rasa kantuk yang berlebih dan tidak tertahankan. Kondisi ini menyebabkan penderitanya sering mengantuk dan kebanyakan tidur hingga sampai pada tahap mengganggu kegiatannya sehari-hari.