Kenapa penis bisa bengkok?

M Info Penanya: M
Pagi dok, penis saya kalau lagi keras malah mengarah ke bwh seperti patah, tapi ini tidak sakit dok seperti normal saja keras dan kalo saya arahkan ke atas malah nyeri, ini gmana ya dok apa normal saja?trima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi M,

Penyakit peyronie adalah kondisi dimana penis akan tampak bengkok ketika sedang ereksi. Dalam kondisi tidak ereksi, penis akan tampak normal saja, namun ketika ereksi akan tampak bengkok. Semakin bengkok penis maka akan semakin menimbulkan keluhan nyeri sehingga akan mengganggu kenyamanan Anda ketika berhubungan seksual dengan pasangan.

Penyebab peyronie ini akibat adanya jaringan ikat di dalam penis, sehingga penis akan tertarik dan bengkok ketika ereksi. Jaringan ikat ini bisa muncul bila sebelumnya ada riwayat trauma pada penis, baik disadari atau tidak disadari.

Penanganan penyakit ini tergantung ada tidaknya keluhan nyeri atau seberapa berat keluhan nyerinya. Bila muncul keluhan nyeri yang sangat berat ketika ereksi maka dokter urologi akan melakukan tindakan operasi untuk membuang jaringan ikat tersebut. Sedangkan bila keluhan nyeri tidak terlalu mengganggu maka penis tidak perlu mendapat tindakan apa-apa.

Lakukan konsultasi dengan dokter urologi perihal keadaan penis Anda yang bengkok agar bisa ditangani dengan tepat, dan hindari memaksa penis ke arah yang berlawanan agar penis tidak semakin cedera.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masalah pada lubang penis sering kali terjadi karena kerbersihan alat vital dihairaukan

Masalah pada Lubang Penis, Apakah Indikasi Fimosis? Ini Penjelasannya!

Tidak menjaga kebersihan penis bisa memicu masalah pada lubang penis. Salah satunya adalah fimosis yang dapat menyebabkan nyeri hingga peradangan. Fimosis sendiri akan menimbukan rasa nyeri pada saat buang air kecil dan berhubungan seksual.