08 Mar 2021, 13:16Kandungan

Gangguannya menstruasi flek coklat kehitaman apa artinya?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok saya umur 18 tahun,saya sudah menikah dan terakhir kali berhubungan intim akhir bulan Desember 2020 itu pun tidak di keluarkan di dalam lalu pada tanggal 9 Januari saya menstruasi kurang lebih satu Minggu dan pas bulan berikutnya saya menstruasi pada tanggal 9 atau 10 Februari tetapi ngeflek dan darahnya bukan darah segar tapi darah coklat kehitaman sampe sekarang padahal tanda² seperti menstruasi terasa seperti sakit pinggang dsb.Apakah itu bisa jadi hamil dok?
205 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Malam AS,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Kehamilan pada prinsipnya bisa terjadi karena adanya hubungan antara wanita dan pria, kemudian terjadi pembuahan sel telur dan sperma di dalam rahim. Jika Anda berhubungan kemudian terjadi menstruasi menandakan bahwa sel telur tidak di buahi sehingga tidak menyebabkan kehamilan dan kemudian dinding rahim luruh dan kemudian jadilah menstruasi.Sehingga pada keluhan yang Anda sebutkan di atas, kemungkina  flek coklat kehitaman yang Anda alami bukan karena kehamilan. Bisa saja flek kecoklatan yang Anda alami bisa disebabkan karena sisa darah menstruasi, stres, efek samping penggunaan alat kontrasepsi tertentu atau sebab lainnya.

Beberapa cara untuk mencegah atau mengatasi flek coklat yang Anda alami :

  • Pertahankan berat badan idela
  • Hindari stres dan manajemen stres yang baik
  • Mengganti alat kontrasepsi dan konsumsi pil KB sesuai anjuran dokter
  • Rutin melakukan papsmear jika berusia 35 tahun ke atas
Jika Anda merasa khawatir dengan keluhan Anda sebaiknya periksakan ke dokter kandungan atau lakukan konsultasi online chat ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
kehamilanmerencanakan kehamilanflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil