19 May 2020, 05:50Kandungan

Gangguan tiroid dan masalah menstruasi

S
Info Penanya: S0
Dok, saya punya gangguan tiroid (hipertiroid), apakah wajar kalo sya sering telat datang bulan? Umur saya 20 tahun. Bgaimana mengatasinya dok? Krna saya hampir setiap bulan telat dan ini sudah telat jauh dr bulan april kmrin. Bulan april kmrin tgl 7 dan skrng sdh tgl 19 tapi saya blm dtg bulan juga dok.
24807 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang S,Siklus menstruasi adalah salah satu indikator ada tidaknya masalah pada organ reproduksi ataupun kondisi hormonal pada wanita. Apabila sering mengalami terlambat menstruasi atau siklus menstruasi yang tidak teratur, maka bisa mengindikasikan beberapa masalah, mulai dari masalah hormonal, masalah gaya hidup ataupun juga masalah kesehatan lain.Salah satu masalah kesehatan di luar organ reproduksi adalah penyakit tiroid. Penyakit tiroid bisa membuat ketidaksimbangan hormon tiroid baik produksinya berlebih ataupun malah kurang. Hal ini yang bisa menimbulkan sejumlah gejala pada penderitanya seperti:
  • Penurunan berat badan
  • Rasa berdebar
  • Sering lemas
  • Tidak tahan pada udara dingin atau udara panas
  • Gemetaran atau tremor
  • Masalah siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Sulit tidur
  • Sering berkeringat
  • Masalah suasana perasaan atau mood

Penanganan hipertiroidisme

Jadi apabila mengalami hipertiroidisme, perlu dilakukan penanganan agar hormon tiroid bisa dikadar yang normal. Pengobatan hipertiroid sendiri beragam, mulai dari pemberian obat, terapi radiasi, ataupun operasi untuk mengangkat kelenjar tiroidnya.Jadi saat ini bila belum juga haid, tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Periksakan kembali kondisi pada dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan tiroidnya. Apabila nanti sampai lebih dari 90 hari tidak juga datang bulam, maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mencari tahu ada tidak masalah selain hipertiroidnya yang memicu siklus menstruasi tidak teratur. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasikelenjar tiroidhipertiroidisme
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil