14 Feb 2021, 04:10Penyakit Lainnya

Terbangun saat tidur dan berkeringat apa sebabnya?

A
Info Penanya: A0
halo dok saya alyca umur 17 tahun, belakangan ini saya selalu terbangun di waktu yang sama yaitu jam 3, dengan keadaan berkeringat dan kepanasan padahal cuaca sedang dingin dok, apakah ini salah satu gejala penyakit?
344 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang ABerkeringat pada malam hari hingga terbangun merupakan hal wajar yang dapat disebabkan karena udara ruangan yang panas atau karena memakai baju atau selimut yang tebal. Tetapi apabila hal ini terjadi terus menerus tanpa sebab yang jelas juga dapat menjadi tanda dari kondisi lainnya.

Sebab Terbangun Dan Berkeringat Malam Hari

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terbangun dan berkeringat pada malam hari. Hal-hal tersebut adalah:
  • Proses menopause pada wanita
  • Gangguan tidur obstruktif 
    Sering ditandai dengan mengorok saat tidur atau ganguan nafas saat tidur
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti penurun panas atau antidepresan
  • Hiperhidrosis (keringat berlebih)
    Penyebab jelas belum diketahui secara pasti tetapi daapt menjadi gejala dari obesitas, hipertiroid dan diabetes
  • Sedang terkena infeksi
  • (limfoma)
    biasanya disertai dengan muncul benjolan lebih dari 1 di leher, ketiak, selangkangan, dan bdan lemas serta berta badan yang menurun drastis tanpa sebab.
  • Hipoglikemia karena konsumsi obat diabetes
  • Gangguan hormon
  • Gangguan saraf
  • Kecemasan atau ketakutan hingga mimpi buruk
Konsultasikan mengenai keluhan anda ke dokter terlebih dahulu. Perlu dilakukan anamnesa lebih lengkap dan pemeriksaan terkait keluhan terbangun dan berkeringat malam hari.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Sementara anda bisa mencoba melakukan beberapa hal untuk memperbaiki kualitas tidur anda. Hal-hal tersebut adalah:
  • Ciptakan kamar yang bersih dan nyaman, tidak terlalu dingin atau panas
  • Tidur dalam keadaan kamar benar-benar gelap atau dengan penutup mata
  • Tidak minum alkohol, kopi atau makanan pedas sebelum tidur
  • Makan bergizi seimbang, perbnayak buah sayur dan kurangi asupan lemak dan gula
  • Jaga berat badan ideal
  • Banyak minum air putih
  • Olahraga rutin 3x seminggu
  • Melakukan peregangan dan relaksasi sebelum tidur
  • Mengatasi stres
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL  
tidurgangguan tidurmasalah tidur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil