Gangguan suara anjing ditelinga

D Info Penanya: D, Pria, 23 Tahun
Dok, umur saya 25 tahun. saya ingin bertanya, semenjak 10 tahun lalu telinga saya setiap mendengar suara anjing menggongong selalu ada suara seperti bet..bet..bet. Suaranya yang terdengar seriring dengan suara gongongan anjing (jika anjing menggonggong 3x suara ditelinga saya juga 3x). Seperti menangkap frekuensi tertentu karena hanya suara gonggongan anjing secara langsung yang menyebabkan seperti itu baik itu gonggongan dekat atau yg jauh sekalipun, telinga saya tetap berbunyi seperti itu. Kadang itu sangat mengganggu kalau ada suara gonggongan anjing dikejauhan yang seharusnya tidak terlalu mengganggu karena terdengar kecil tapi di telinga saya tetap ada bunyi itu. sebelumnya saya tidak pernah mengalami masalah dengan telinga saya itu terjadi tiba² saja. Terima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore D

Gangguan suara berisik yang didengar dapat berasal dari masalah telinga bagian luar tengah dan dalam. Selain dari masalah telinga, sensasi berisik seperti gangguan anjing dan gonggongan dapat berasal dari luar telinga seperti pada gangguan psikis/psikotik atau masalah kejiwaan.

Gangguan berisik jika berasal dari telinga biasanya terdapat masalah penyerta sebelumnya seperti trauma pada telinga, mencongkel telinga, terkait batuk pilek, gangguan hidung tersumbat atau adanya tumor di bagian hidung dan telinga. Biasanya bentuk suara berisik yang dialami adalah tinistus atau suara berdenging.

Jika gangguan seperti gonggongan anjing hal ini sering terjadi seperti mendengar halusinasi, umunya terkait masalah psikomatis/kejiwaan. Saya sarankan anda untuk tidak mencongkel telinga, tetap tenang, berpikir fokus dan positif.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter umum dahulu untuk memastikan apakah terdapat masalah pada telinga, jika ada maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter Spesialis THT, namun jika telinga dalam keadaan normal dan terdapat halusinasi pendengaran seperti gonggongan masih ada, anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kejiwaan/psikiater. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita demensia dan Alzheimer dapat merasakan gejala-gejala penurunan fungsi otak

Meskipun Gejalanya Mirip, Demensia Berbeda dengan Alzheimer

Demensia dan Alzheimer seringkali dianggap sama. Padahal, demensia adalah sejenis sindrom dan masih bisa disembuhkan dengan pengobatan medis. Demensia dapat dipicu berbagai penyakit, salah satunya Alzheimer. Demensia dan Alzheimer dapat merasakan gejala-gejala penurunan fungsi otak.