23 Sep 2020, 06:24Saraf

Badan terkadang bergerak sendiri saat duduk, apa penyebabnya ?

HI
Info Penanya: HI0
Halo Dok. Saya mau tanya, apa yang menyebabkan badan saya terkadang bergerak/goyang sendiri ke kanan dan kekiri kalau saya lagi duduk dok, pdhal sy tdk menggerakkannya???... Mohon penjelasannya dok? Terimakasih.
607 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, HI.Badan terkadang bergerak sendiri saat duduk dapat terjadi karena adanya gangguan yang menyebabkan otot bergerak dengan sendirinya atau kondisi medis yang dikenal dengan istilah distonia. Umumnya pada penderita distonia, terjadi pergerakan atau kontraksi otot-otot tubuh yang tidak terkontrol.

Adapun berbagai tanda dan gejala dari distonia yang meliputi :

  • dimulai pada satu area seperti leher, lengan atau kaki
  • terjadi saat melakukan kegiatan hal tertentu
  • memburuk saat mengalami kelelahan, stres, ataupun kecemasan
  • seiring waktu, keluhan menjadi semakin jalas
Mengenai keluhan yang Anda alami dapat berupa gangguan pada otot maupun saraf. Kondisi lainnya selain distonia masih dapat terjadi dan tidak dapat disingkirkan kemungkinannya tanpa pemeriksaan. Namun salah satu yang umum terjadi adalah distonia. Hinnga saat ini, belum ditemukan jenis penanganan yang dapat menyembuhkan distonia secara sempurna. Namun penggunaan obat-obatan tertentu dapat membantu meringankan gejalanyaUntuk itu ada baiknya Anda berkonsultsi dengan dokter Saraf guna memastikan benar atau tidaknya yang diderita merupakan distonia dan jika iya Anda akan segera mendapatkan penanganan yang sesuai.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
kontraksimasalah sarafmasalah otot
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil