Gangguan psikis Avoidant Personality Disorder

YR Info Penanya: YR, Wanita, 19 Tahun
Gangguan psikis Avoidant Personality Disorder bagaimana mengatasinya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YR,

Avoidant Personality Disorder merupakan salah satu bagian dari gangguan kepribadian dimana gangguan kepribadian terbagi menjadi 3 yaitu:

  • Kategori A: Pemikiran dan/atau perilaku yang tidak wajar atau nyentrik
  • Kategori B: Pemikiran dan/atau perilaku yang dramatis, terlalu emosional, atau tidak bisa dirediksi
  • Kategori C: Pemikiran dan/atau perilaku yang penuh kecemasan dan ketakutan

Avoidant Personality Disorder sendiri termasuk pada kategori C yang memiliki ciri seperti menarik diri dari kegiatan bersosialisasi, merasa rendah diri, merasa tidak menarik, merasa tidak mampu mengatasi atau melakukan apapun, dan merasa sangat sensitif dengan kritikan dari orang lain serta memiliki ketakutan dipermalukan oleh orang lain. Dimana gejala-gejala ini akan memberikan efek kesulitan untuk menjalankan hari-hari dan kegiatan yang berkaitan dengan orang lain.

Untuk mengatasinya sendiri diperlukan pendalaman dan pemeriksaan oleh dokter ahli psikiatri atau psikolog mengenai kondisi yang dialami oleh penderitanya karena banyak gangguan lain yang menimbulkan gejala serupa. Perlu penanganan untuk mengatasi gangguan kepribadian ini baik dibantu oleh profesional seperti dilakukan psikoterapi dan juga pengobatan jika disertai timbulnya depresi atau gangguan kecemasan. Selain itu tentunya dukungan keluarga dan orang terdekat dapat membantu mengatasi kondisi yang terjadi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melakukan meditasi di alam terbukadapat memperkuat tubh dan membantu Anda lebih rileks

Terapkan Cara Menjaga Kesehatan Mental Berikut, demi Jantung Sehat

Menangani gangguan stres dan kecemasan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental, antara lain memotivasi diri, olahraga teratur, istirahat cukup, dan meditasi.