12 Jun 2021, 19:18Pernapasan

Apa penyebab gangguan penciuman tapi perasa masih normal?

A
Info Penanya: A0
Dok, saya mau bertanya sudah hampir 2 minggu penciuman saya tidak normal akan tetapi perasa saya masih normal. Sebelum penciuman saya bermasalah tidak ada tanda2 deman, flu dan lainnya hingga sekarangpun masih tidak ada tanda2 demam, flu atau lainnya dok.
215 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi A,Kehilangan penciuman atau disebut anormia adalah kondisi yang bisa terjadi karena beberapa kemungkinan penyebab seperti misalnya akibat infeksi covid 19, flu, adanya peradangan pada dinding hidung atau rhinitis, sinusitis ataupun masalah lain pada organ penciuman seperti adanya polip dan beragam penyebab anosmia lainnya.Apabila sudah 2 minggu lebih penciuman tidak normal, bisa dilakukan pemeriksaan swab untuk memastikan apakah penyebabnya merupakan infeksi virus corona. Tetapi jika sudah 2 minggu bisa hasilnya sudah negatif dan tidak menutup kemungkinan sebelumnya terinfeksi.Penanganan ansomia sendiri dapat dilakukan dengan cara:
  • Mencuci hidung dengan air garam
  • Mengonsumsi suplemen zinc
  • Mengonsumsi obat antihistamin
  • Melakukan latihan dengan mencium beberapa aroma berbeda, bisa dicoba dengan minyak kayu putih dan parfum misalnya
  • Mengatasi penyebab anosmia
Periksakan pada dokter spesialis THT apabila keluhan tidak juga membaik. Nantinya dokter spesialis THT akan melakukan rangkaian pemeriksaan untuk memastikan apa penyebabnya dan dilakukan penanganan sesuai penyebabnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
fluhidung tersumbatanosmiacoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil