Gangguan pencernaan setelah makan?

SI Info Penanya: SI, Wanita, 2019 Tahun
apa ciri ciri yg terjadi secara langsung seperti sakit perut jika makan setelah makan perut seperti terguncang dan yg dirasakan selalu mual seperti ada yg sangkut di tenggorokan dan sesak napas yg berkepanjangan apa benar itu sama dengan GERD ? atau gejala yg lain?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SI

 

Keluhan setelah makan terasa nyeri perut, mual dan sesak adalah kumpulan gejala yang termasuk  sindrom dispepsia. 

Gejala dispepsia diantaranya perasaan terbakar di perut atas, nyeri perut, kembung, sendawa, mual, muntah, mulut pahit / asam serta perut berbunyi.

Dispepsia merupakan tanda dari penyakit seperti : 

1. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

2. Tukak (luka) lambung 

3. Gangguan empedu, dan lainnya

Penyebabnya selain contoh penyakit diatas, bisa juga faktor emosi seperti stres, cemas dan depresi. Konsumsi makanan, minuman atau obat-obatan yang iritasi lambung seperti alkohol, makanan pedas dan asam serta penggunaan obat seperti kontrasepsi, anti nyeri dan antibiotik.

Sebaiknya anda jangan makan terlalu banyak, terlalu cepat dan terlalu berlemak. Hindari stres dan istirahat yang cukup. Stop konsumsi alkohol dan rokok.

Untuk penangan lebih lanjut anda dapat konsultasi dengan dokter terutama spesialis penyakit dalam bidang pencernaan. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Asam lambung naik saat puasa dapat dicegah dengan mengontrol makanan yang dikonsumsi

Asam Lambung Naik Saat Puasa? Cegah dengan 7 Cara Efektif Ini

Saat berpuasa tubuh rentan mengalami asam lambung. Menghindari makanan seperti makanan asam, pedas, dan minuman yang mengandung kafein merupakan cara mencegah asam lambung naik saat puasa.