Diare, mual, nyeri perut, saya kenapa?

YS Info Penanya: YS, Wanita, 25 Tahun
Dok saya mengalami diare 3 hari, lambung juga terasa perih, begah, dan mual. Ini sudah hari ke 5 sudah tidak diare namun perut masih tidak nyaman. Ini sakit maag biasa atau apa ya dok? Trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YS.

Diare adalah kondisi dimana seseorang buang air besar dengan frekuensi sering dan konsistensi yang cair. Diare bisa ringan serta berat. Terkadang, diare juga disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, nyeri perut, kembung, atau demam.

Diare bisa disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Mengonsumsi makanan yang tidak dapat dicerna
  • Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan
  • Infeksi bakteri, virus, atau parasit lainnya pada usus
  • Gangguan metabolisme feses pada tubuh, seperti misalnya seseorang pasca pengangkatan kantung empedu

Terkait kondisi Anda, keluhan diare yang disertai dengan mual dan nyeri perut bisa disebabkan oleh hal-hal di atas. Untuk sementara, sebaiknya konsumsi air putih yang cukup agar mencegah dehidrasi. Hindari makanan yang sulit dicerna, makanan pedas, dan makanan berminyak; konsumsilah makanan lunak seperti bubur atau nasi tim dengan waktu makan yang teratur.

Apabila diare disertai dengan demam, atau darah dan lendir pada feses, segera periksakan diri kepada dokter spesialis penyakit dalam, ya. Dokter mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti feses atau darah, dan memberikan penanganan yang sesuai.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari makanan penyebab diare agar Anda tidak mengalami inkontinensia tinja

Apa Saja Makanan Penyebab Diare yang Harus Anda Hindari?

Diare umumnya disebabkan karena bakteri. Makanan yang sering menjadi penyebabnya adalah makanan cepat saji, kembang kol, bumbu pedas, pemanis buatan, dan kafein.