27 May 2020, 20:15Pernapasan

Apa saja jenis penyakit paru?

H
Info Penanya: H, Pria, 1 Tahun
Selamat malam dok, Saya mengalami gangguan selalu terasa tersumbat saluran pernapasan di korongan dan mengeluarkan lendir berwarna putih kental kadang terasa bau busuk. Penderitaan ini sekitar 20 tahun sampai sekarang. sudah pernah ke dokter spesialis paru diperiksa dahak hasilnya negatif dan di photo rontgen hasilnya paru sebelah kanan dampak berawan sudah mulai ada bintik-bintik, juga sering bersendawa, mual, badan lemas dan sulit naik berat badan. Mohon petunjuknya?
9665 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, H.Paru-paru adalah salah satu organ vital manusia, yang sangat penting dalam proses pernapasan. Melalui paru-paru, udara yang penuh oksigen akan diserap oleh pembuluh darah, kemudian disebarkan ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, jika fungsi paru terganggu, maka pastilah ada gejala yang dialami oleh tubuh.

Jenis Penyakit Paru

Gejala penyakit paru biasanya mengalami gangguan pernapasan yang seringkali diiringi batuk. Terkadang, gejala juga disertai oleh napas berbau, lemas, demam, dan lain-lain. Berikut beberapa penyakit paru yang sering terjadi:
  • Tuberkulosis paru (TBC), yaitu infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis
  • Bronkhitis, yaitu peradangan saluran udara bronkus
  • Pneumonia, yaitu peradangan kantung udara paru yang disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun jamur
  • PPOK, yaitu penyempitan saluran napas yang sering dihubungkan dengan kebiasaan merokok
  • Asma, yaitu penyempitan saluran napas sementara karena paparan alergen
Terkait kondisi yang Anda sampaikan, hasil radiologi paru yang bintik-bintik dan berawan dapat disebabkan oleh salah satu dari kondisi di atas. Harus diperhatikan bintik dan awannya ada di sebelah mana paru, dan seberat apa. Sebaiknya Anda berkonsultasi kembali ke dokter spesialis paru dengan membawa hasil radiologi tersebut.Selain paru, bisa jadi Anda juga menderita penyakit lain, misalnya gangguan lambung sehingga sering bersendawa dan mual. Saat nanti berkonsultasi, sampaikan juga gejala ini, ya.Untuk sementara, hindari dulu makanan pedas dan berminyak karena memicu lendir di saluran pernapasan, serta mampu mengiritasi lambung. Hindari debu, dan polusi. Jangan merokok atau menghirup asap rokok dari orang lain. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia
penyakit paru-paruradang paru-paruinfeksi paru-paru
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil