Gangguan mood, lemas, hilangnya percaya diri, merasa tidak ada harapan sedih dan penuh amarah

RD Info Penanya: RD, Pria, 2019 Tahun
Dear Dokter. Nama saya ryuta,umur 23 tahun ini, saya ingin tanyakan tentang Trauma! "bisakah Trauma merubah Psikologis kepribadian seseorang? " dn jika sudah berlangsung selama 10 tahun masih ada kah harapan Merubah karakter? Sebab membaca sbuah tulisan motivasi tidak semudah melakukannya....Ini cerita saya: Di mulai ketika zamam Sekolah Dasar 2005?lupa! ,dn saat itu saya prtama x mengenal internet! Diajari My brother dn pada akhirnya gw jadi pecandu gaming,bhkan pulang sampai magrip 6-7 sore sudahlah kebiasaan ku! Dn trus brlanjut ke smp! Dn di smp kecanduan ku semakin menjadi2 bukan cmn pulang lama bhkan Apsen sudh kulakukan! Ntah berapa x ortu gw dpat surat panggilan! Ini brlangsung smpai gw tmat smp ke sma! Dn wktu sma inilah perubahan Drastis trjadi! Yg mana Wktu itu gw bisa nembus sma negri but sprti kata pepatah"kebiasaan adalah noda permanent di baju yg putih, sulit untuk dihilangkan" jdi singkatnya krna kbiasaan gw ini,gw di D.O dari skolah, gw yg masih gk prcaya binggung mau apa, sdngkan di rmh gw sudh di bntak2 dn pada akhirnya di tanya kau masih mau sekolah atw enggak? Trus dngan pikiran Blank dn Hati gw yg Merana bimbang gw bilang gw gk usah skolah! Dn jleb keputusan gw ini malah berakibat fatal bagi hidup ku! Singkatnya gw mlh jdi orang hikimori yg takut mlihat org jdi cmn dirmh slama hampir 10 tahun!!! Dn kulit gw pun brubah sprti orocimaru! Jadi total 1 tahun gw cmn keluar 1-3x dn itupun cmn wktu malam hari! kacau dah! hidup bosan penuh amarah, kesedihan, penyesalan, kehampaan,gw lampiaskan ke onani! Smpai skrng dn udah brlangsung 10 tahun, dengkul gw serasa bass dram'kopong euy' dn diumur skarang gw yg sudah berkepala 2 blum punya pengalaman apapun! Dn di saat yg sama tman2 sebaya sdh melakukan bnyak hal! Di tmbh wktu trus brkembang dn adik gw pun melaju di depan gw dn brtanya pda diri sndiri! apa sih yg kulakukan selama ini? Ketakutan pun smakin bertambah! Dada rasanya sesak dn sering kepikiran Bunuh diri akan jdi pilihan Akhir tpi gw mlihat punggung kecil yg trus megatakan padaku"anak2 mmk pasti akan berhasil!" slalu tdk mnyerah dngan diriku! Yg sprti ini, tpi canduu ini menyiksa, blum lgi otak gw smakin lambat berpikir efek porn! Trkadng pilihan akhir gw mau lampiaskan dngan membunuh, i now it's embraseed tpi gw kosong! dn kekosongan layak diisi dngan sesuatu yg mnyenangkan!(bercanda doang jngn di sergap yah ?) bagaimana cara memperpaiki Daftar diri! mengalihkan pikiran(bacan rohani) sdh gw lakukan tpi kurang efektif! Cari pekerjaan yg menyibukkan sudah gw lakukan tpi pda akhirnya k.O juga! Cmn konseling yg belum..... Pleases ansewer my question my beast Dokter ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RDH

Kondisi yang anda alami terjadi sebagai tanda depresi dimana terdapat gangguan mood, lemas, hilangnya percaya diri, merasa tidak ada harapan sedih dan penuh amarah. Anda pun telah menunjukkan tanda depresi mayor atau berat dikarenakan sudah memiliki keinginan bunuh diri. 

Kondisi depresi dapat terjadi akibat faktor lingkungan, trauma masa lalu, kemiskinan masalah finansial, hilangnya dukungan keluarga, memiliki penyakit kronik yang berat seperti kanker. 

Upaya yang bisa anda lakukan di rumah adalah melakukan aktivitas fisik olahraga (upaya ini signifikan memperbaiki depresi), membagi cerita dengan orang terdekat, menemukan hobi baru yang menarik.

Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa (sp.KJ) atau psikiater. Biasanya tatalaksana yang diberikan pada kondisi depresi mayor adalah dengan pemberian obat antidepresan yang terbukti memperbaiki gejala mood dan semangat, pemberian obat antiansietas/ anti cemas dan obat golongan antipsikotik untuk menghilangkan semua gejala halusinasi yang anda alami. 

Selain pemberian obat, dokter/psikiater juga akan melakukan psikoterapi dan terapi mental kognitif. Pemberian obat dan terapi mental biasanya dapat memperbaiki keluhan yang dialami namun bersifat lama dan perlu mendapatkan pemantauan secara rutin. 

Segera konsultasikan diri anda dengan dokter Sp.KJ

Salam Sehat

dr.Zulham

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hewan peliharaan berperan penting membantu Anda mengusir depresi

8 Cara Sederhana yang Membantu Meredakan Depresi

Beberapa penelitian mengatakan, asam lemak omega-3 dan vitamin B12 dapat memengaruhi suasana hati dan fungsi otak lainnya. Olahan ikan laut seperti salmon, tuna, dan makarel dengan kandungan omega-3, bisa menjadi pilihan.