Berbicara sendiri, takut dan berpikir berlebih, apa penyebabnya ?

CA Info Penanya: CA
Assalamualaikum dok, saya mau bercerita kalau saya ini akhir-akhir ini sering berbicara sendiri, saya sering mengilustrasikan suatu hal seperti nyata, padahal saya tau itu hanya ilustrasi. Saya sering juga merasa takut pada suatu keadaan, dan berpikir yang tidak-tidak, kadang juga merasa tidak tenang. Kira-kira itu terkena apa dok?Terimakasih atas jawabannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, Walaikumusalam, CA.

Berbicara sendiri merupakan keadan yang dapat normal maupun tidak. Pada dasarnya setiap orang memiliki kecenderungan untuk berbicara dengan dirinya sendiri sebagai bentuk refleksi diri. Adapun kecenderungan untuk mensimulasikan kemungkinan kejaidan masa depan melalui imajinasi atau yang disebut dengan berandai-andai. Namun demikian hal berbicara sendiri bisa jadi indikasi dari keadaan jiwa yang terganggu jika sudah tidak dapat membedakan antara realita dan imajinasi tersebut dan berujung pada halusinasi. Halusinasi sendiri merupakan salah satu gejala dari gangguan mental yang berat, khusunya psikosis.

Sedangkan mengenai rasa takut dan pemikiran akan sesuatu yang berlebihan dapat terjadi karena gangguan kecemasan yang juga merupakan suatu gangguan mental. Gangguan kecemasan ditandai dengan adanya kekhawatiran berlebih yang tidak terkendali pada berbagai aspek kehidupan namun tidak disertai alasan yang jelas dan sudah mulai mengganggu fungsi dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Mengenai keadaan yang Anda alami jika sudah dirasakan mengganggu keseharian dan membuat Anda kesulitan membedakan hal yang nyata dan yang tidak maka sudah perlu diperiksakan dan menjalani terapi tertentu. Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan Psikolog atau Psikiater. Untuk sementara agar dapat lebih menenangkan pikiran, Anda dapat mengikuti kelas yoga dan menggunakan aromaterapi lavender di dalam ruangan kamar.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Antisosial adalah gangguan yang memiliki makna hampir sama dengan pemalu, padahal keduanya sangatlah berbeda

Si Kecil Pemalu atau Antisosial? Anda Perlu Kenali Perbedaannya

Antisosial atau ansos adalah hal yang sangat berbeda dengan sifat pemalu pada anak. Rasa malu bukanlah gangguan kepribadian. Sebaliknya, antisosial atau sociopathy adalah bagian dari gangguan kejiwaan yang perlu penanganan tepat.