Mata buram dan melihat garis melengkung, apa penyebabnya?

ZR Info Penanya: ZR, Wanita, 15 Tahun
Halo dok, saya sekarang usia 16tahun3-4tahun an sering mengalami gangguan pada mata saya. Terkadang 1 minggu/bulan sekali bahkan bisa lebih, saya mengalami seperti ada 1 garis² atau melungkung yang buram/bluwret dipenglihatan saya. Pertama terlihat kecil tapi makin lama garis melungkung nya itu makin besar disamping terkadang terjadi dikanan&dikiri mata saya. Dan kelamaan menghilang sendiri. Dan setelah itu saya merasa ngantuk dan pusingPenyakit apa dan Cara mengatasi nya gimana dok? Terima Kasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ZR,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Mata buram bisa di sebabkan oleh banyak penyebab. Berdasarkan keterangan yang Anda alami, mata buram disertai garis yang melengkung bisa di sebabkan oleh karena mata miopia dengan silinder.

Mata miopia dan silinder merupakan suatu kelainan refraksi mata yang cukup sering terjadi. Kedua keadaan tersebut bisa terjadi karena bersamaan. Mata miopia terjadi saat seseorang mengalami kesulitan untuk melihat jarak jauh. Sedangkan silinder disebabkan oleh karena kelengkungan kornea tidak sempurna. Mata miopia menimbulkan gejala kabur ketika melihat jauh, mata pegal, dan dapat disertai dengan sakit kepala. Mata silinder dapat menyebabkan melihat garis lurus seperti miring/ tidak lurus. 

Selain hal tersebut, Anda bisa juga mengalami kelainan mata glaukoma, keratitis (peradangan kornea), kelainan syaraf mata. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter mata untuk memastikannya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata, dengan banyak konsumsi makanan bergizi dan makanan bervitamin A, gunakan kacamata dengan lensa minus dan silinder. Jika memang mendapatkan kelainan mata miopia dengan silinder.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kapan bayi mulai bisa melihat ditentukan berdasarkan fase-fase tertentu

Umur Berapa Bayi Bisa Melihat? Ini Penjelasannya

Berbicara mengenai umur berapa bayi bisa melihat, Anda perlu memahami tahapan-tahapannya terlebih dahulu karena bayi tidak langsung melihat dengan jelas begitu saja. Kenali tahapan dan kemungkinan gangguan pada penglihatan bayi ini.