03 Oct 2021, 07:40Psikologi

Gangguan kepribadian keluh kesah termasuk gangguan apa?

E
Info Penanya: E0
Dok, belakangan ini saya sering sekali mengaluarkan keluh kesah secara berlebihan dan teman saya menganjurkan untuk berkonsultasi kepada psikolog. Apakah benar kondisi ini termasuk gangguan kepribadian? Lalu, bagaimana cara mengatasi orang yang berkeluh kesah secara berlebihan?
118 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Berkeluh kesah secara berlebihan dapat terjadi jika secara kondisi tubuh Anda sudah kelelahan, secara mental juga mungkin Anda sedang stres atau banyak beban pikiran, selain itu mungkin ada masalah yang sedang Anda hadapi namun belum Anda temukan solusinya. Berkeluh kesah adalah hal yang wajar dan bukan suatu gangguan jiwa, melakukan konsultasi ke psikolog umumnya membantu Anda kearah lebih memahami diri sendiri dan mengetahui apa yang sebenarnya kita harapkan dari kondisi saat ini.Jika dengan berkeluh kesah Anda mengharapkan adanya perhatian, maka ketika perhatian ini datang keluhan Anda akan berkurang. Namun pada lain kondisi, misalnya Anda memiliki masalah keuangan yang Anda keluhkan, maka keluhan hanya dapat berkurang jika masalah keuangan itu terselesaikan.

Gangguan kepribadian

Gangguan kepribadian sendiri, merupakan gangguan yang bersifat tidak hilang timbul namun sebenarnya hampir selalu ada dalam diri kita. Untuk itu jika sebelumnya Anda tidak pernah banyak berkeluh kesah artinya Anda tidak memiliki kepribadian suka mengeluh dan kondisi Anda saat inilah yang mendorong Anda untuk menjadi mengeluh.

Jenis-jenis gangguan kepribadian:

  • Gangguan kepribadian A ada 3 jenis yaitu skizotipal dengan ciri tidak nyaman dalam sosialisasi, skizoid atau suka menyendiri dan dingin, dan juga paranoid atau sering curiga berlebihan.
  • Pada golongan B  terdapat jenis kepribadian ambang dengan emosi tidak stabil, rapuh, dan impulsif, kepribadian antisosial yang suka melanggar hukum dan agresif, kepribadian narsistik yang meyakini dirinya lebih istimewa dibanding orang lain, dan histrionik yang sering mencemaskan penampilan dan mencari perhatian.
  • Gangguan kepribadian C yaitu orang dependen yang selalu bergantung pada orang lain, kepribadian menghindar karena takut ditolak, dan yang terakhir obsesif kompulsif yang mudah cemas atau takut bila tidak sesuai dengan keinginannya.
Dari sini dapat disimpulkan Anda tidak memiliki gangguan kepribadian, kedepannya jangan ragu untuk melakukan konsultasi ke dokter spesialis jiwa bila merasa terganggu dengan apa yang Anda rasakan ya.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
gangguan mentalstresgangguan kepribadian
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil