15 May 2021, 08:36Psikologi

Apa penyebab cemas berlebihan?

NZ
Info Penanya: NZ0
Ass dok.... Saya mau nanyak, sudah beberapa tahun ini aku merasa aneh pada diriku sendiri, Suasana hati aku mudah berubah, terkadang Masalah kecil saja membuat aku memikirkan sampai berlebihan, dan jika aku bilang aku tidak mau makan maka itu aku bener-benar tidak mau makan, Dok apa mental aku sedang dalam masalah??
170 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, NTerima kasih atas pertanyaan AndaCemas adalah kondisi saat seseorang merasakan takut, khawatir, gugup atau resah. Cemas wajar dirasakan seseorang saat merasa tidak aman, atau pada saat dalam kondisi yang mengancam diri. Tentunya, rasa cemas yang wajar terjadi ini karena ada penyeabb yang jelas. Apabila cemas sering terjadi  dan dirasa menggangu aktivitas sehari-hari, maka kondisi ini tidak wajar dan bisa disebabkan saah satunya oleh adanya gangguan kecemasan.

Adapun di bawah ini beberapa tanda dan gejala dari gangguan kecemasan adalah:

  • Kesulitan untuk mengendalikan rasa cemas yang dialami
  • Rasa cemas mudah dirasakan pada kondisi dan topik apapun serta terjadi selama 6 bulan atau lebih
  • Disertai dengan beberapa gejala penyerta seperti nyeri otot, gangguan tidur, gelisah, emosi tidak stabil, kelelahan, dan lain sebagainya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, untuk tahu apakah kondisi Anda disebabkan oleh gangguan kecemasan, serangan panik, atau kondis psikologis yang lainnya alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi secara online dengan dokter spesialis jiwa atau dengan memeriksakan diri secara langsung dengan dokter spesialis jiwa terdekat di wilayah Anda. Tindakan sementara yang bisa dilakukan adalah dengan tetap berusaha untuk berpikiran positif, bercerita kepada keluarga atau seseorang yang Anda percaya ketika sedang ada masalah, melakukan meditasi ataupun yoga, berolahraga ringan, melakukan hobi Anda, konsumsi makanan bergizi, dan konsumsi sayur dan buah agar tubuh tetap sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
panikmasalah kejiwaangangguan kecemasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil