Gangguan kecemasan yang sudah mengganggu aktivitas

A Info Penanya: A, Pria, 23 Tahun
Dokter saya mengalami gangguan kecemasan sosial dan sudah terjadi beberapa gangguan fisik yang mungkin terlihat individu mengalami gangguan kecemasan sosial seperti . gemetaran. berkeringat. Detak jantungnya cepat.kaku pusing. Sulit bernafas. Pikiran saya juga biasa kosong dokter mohon penjelasan nya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Gangguan kecemasan sosial adalah gangguan yang menimbulkan perasaan cemas, gelisah, takut, malu untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Gejala fisik yang seringkali dirasakan adalah badan gemetar, jantung berdebar, pusing, mual, muntah, indera pendengaran berkurang, seperti mau pingsan, berkeringat berlebihan, dan seringkali bengong. Gejala- gejala tersebut muncul tanpa adanya penyakit lainnya.

Bila keluhan-keluhan tersebut muncul, coba tarik napas dalam-dalam, dan berusaha berpikir positif ke hal lainnya, serta minum air putih dapat membantu menenangkan pikiran.

Semakin banyak keluhan yang dirasakan dan semakin sering perasaan cemas tersebut muncul, maka sebaiknya segera konsultasi ke psikolog atau psikiater terdekat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Korban bullying berisiko mengalami berbagai gangguan psikologis, salah satunya yaitu post traumatic stress disorder (PTSD)

Anak-anak Korban Bullying Berisiko Lebih Besar Terkena PTSD Saat Dewasa

Gangguan psikologis yang dapat timbul pada korban bullying bisa beragam. Salah satunya yaitu post traumatic stress disorder (PTSD). PTSD pada korban bullying bisa ditandai dengan berbagai ciri yang bisa dikenali sejak dini, seperti mengalami mimpi buruk, depresi, dan gangguan mental.