26 Sep 2021, 19:50Psikologi

Gimana mengatasi cemas yang berlebihan?

PS
Info Penanya: PS0
Tolong saya dok. Gangguan kecemasan sy kadang diluar nalar. Tadi sy habis mandi, dan handuk yg sy kenakan utk lap. Dan mengenai hidung sy yg sedang diserang pilek. Sy seperti mengira handuk yg saya gunakan utk lap terkena ingus. Pdhl saya cek tdk ada. Dan sy jd kepikiran dan panik. Gmn ya dok?
90 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, PTerima kasih atas pertanyaannya. Rasa cemas dan takut merupakan bentuk emosi yang normal dialami setiap orang ketika mengalami tekanan atau mengalami peristiiwa yang kurang menyenangkan.  Ketika rasa cemas terlalu berlebih dan tidak dikontrol maka akan menganggu aktivitas sehari-hari.  

Tindakan awal mengatasi cemas berlebih :

  • Membuat pikiran ini sibuk sehingga sudah tidak sempat lagi memikirkan hal yang tidak jelas.  Pikiran sibuk bisa dilakukan dengan aktivitas yang produktif, misal ikut dalam kelas online yang mengembangkan potensi diri, berjualan secara online. 
  • Berbagi dengan orang lain terkait cemas yang dialami.  Dengan berbicara ini sama saja mengeluarkan energi negatif dan mendapatkan dukungan berupa energi positif. 
  • Pola makan sehat dengan asupan bebas kafein, bebas pengawet dan pemanis buatan. 
  • Olahraga setiap hari, hal ini dapat membantu menjaga kesehatan mental dan daya tahan tubuh. 
  • Lakukan rileksasi pikiran, bisa dengan meditasi atau ikut kelas yoga. 
Dilihat dari banyaknya cemas yang anda alami akibat hal yang sebenarnya tidak menimbulkan gangguan pada kesehatan maka sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan psikiater.  Sehingga dapat membantu mengatasi cemas berlebih yang anda alami dan dapat beraktivitas seperti biasa tanpa ada rasa takut terhadap hal-hal yang tidak penting.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
masalah kejiwaangangguan kecemasangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil