04 Feb 2021, 18:31Psikologi

Bagaimana cara mengatasi rasa trauma setelah tenggelam ?

DZ
Info Penanya: DZ0
halo dok, saya mau bertanya. Saya umur 20 tahun. Baru baru ini saya habis tenggelam. kejadiannya pada saat saya berenang . Sebelum ini saya juga pernah beberapa kali tenggelam dan selamat. namun pada saat hari itu saya pertama kalinya mengalami ganguan kecemasan saya kira, di pagi hari tb tb saya merasa ketakutan dan teringat kejadian pada saat saya tenggelam menangis dan sesak napas. saya heran krn baru kali saya mengalami kejadian tersebut. sehingga bbrp waktu saya takut pd kolam renang
162 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, D.Tenggelam saat berenang baik di kolam, di laut, sungai adalah sesuatu yang sangat berbahaya dimana seseorang dapat tenggelam jika tidak bisa berenang, kaki yang tiba-tiba terasa kaku dan keram, arus sungai, maupun ombak yang besar. Tenggelam juga sering terajdi pada anak yang tidak diawasi oleh orang tua dan bermain di kolam ikan atau parit yang dalam.

Apa yang menyebabkan rasa trauma mendalam hingga sesak nafas ?

Rasa trauma dan takut untuk melihat kolam renang yang Anda alami setelah tenggelam dimana sebelumnya Anda berkali-kali tenggelam dan selamat adalah hal yang wajar dan normal terjadi. Namun rasa trauma dan takut ini harus Anda atasi agar tidak terjadi berlarut-larut sehingga menimbulkan rasa cemas berlebihan, menangis secara terus menerus, hingga sesak nafas. Keluhan yang Anda alami merupakan gejala post traumatic stress disorderdimana rasa trauma ini menganggu dan menghantui kehidupan Anda sehari-hari.

Bagaimana cara mengatasi rasa trauma setelah tenggelam ?

Cara mengatasi rasa trauma setelah tenggelam adalah dengan perlahan-lahan membuka diri untuk melihat pakaian renang kembali, melihat video orang berenang dengan gembira, datang ke kolam renang secara langsung, menyentuh, memercikkan air dengan rasa yang bahagia dan semangat. Selalu berpikir positif bahwa tidak setiap berenang akan menyebabkan Anda tenggelam, dan selalu ada yang mengawasi Anda saat berenang. Lakukan pemanasan sebelum berenang, dan pastikan kondisi tubuh dalam keadaa fit.Namun jika rasa trauma akan tenggelam terus berada dipikiran Anda, sehingga Anda merasa sangat ketakutan, cemas berlebihan, merasa sedih, dan sulit untuk bernafas, segera ajak orang tua konsultasi secara langsung ke dokter spesialis kejiwaan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
post traumatic stress disorder (PTSD)gangguan kecemasangangguan stres akut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil