Apakah saya mengalami gangguan kecemasan?

SF Info Penanya: SF
Asslamualaikum dok saya salsa saya ingin nanya kenapa ya saya akhir akhir ini merasa cemas ketika saya merasakan itu saya berasa gak hidup didunia ini dok dan saya juga merasakan jantung berdebar debar sesak napas saya dan merasa pusing gitu dok ketika saya keluar rumah untuk membeli makanan rasa cemas itu muncul lagi dok jadi saya gak bisa melakukan aktivitas seperti biasa karena takut akan sesak lagi napas saya dok saya sudah melakukan ngomong kepada orang terdekat tapi mereka gak percaya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SF,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Cemas atau dalam istilah medis disebut dengan anxiety adalah perasaan gugup atau gelisah. Biasanya orang akan mengalaminya ketika berhadapan dengan situasi tertentu, misalnya sebelum wawancara kerja, sebelum ujian, saat harus mengambil keputusan penting, atau ketika menunggu hasil pemeriksaan dokter. Namun jika Anda mengalami rasa kecemasan yang berlebihan tanpa sebab yang jelas bisa jadi Anda mengalami beberapa gangguan kecemasan dibawah ini :

  1. Gangguan panik
    Gejala yang biasanya muncul adalah berkeringat, berdebar-debar, terasa sesak didada, nyeri dada, ketakutan, gemetar. Gangguan panik biasanya berlangsung kurang dari 10 menit, namun ada juga yang berlangsung hingga satu jam atau lebih.
    Jika mengalami gejala berupa jantung berdebar atau nyeri dada saat serangan panik muncul, Anda disarankan untuk duduk dan memejamkan mata. Kemudian tarik napas dalam-dalam melalui hidung, dan hembuskan melalui mulut. Ulangi beberapa kali hingga merasa lebih tenang.
  2. Gangguan kecemasan sosial
    Merupakan fobia sosial merupakan rasa cemas atau takut yang luar biasa terhadap situasi sosial atau interaksi dengan orang lain, baik sebelum, sesudah, maupun selama berada dalam situasi tersebut.
  3. Gangguan kecemasan umum (generalized anxiety disorder/GAD)
    Kecemasan ini membuat penderitanya merasakan cemas secara berlebihan yang menetap dalam waktu lama, biasanya hingga lebih dari 6 bulan. Penderita GAD akan sangat mengkhawatirkan banyak hal, misalnya keuangan, kesehatan, atau pekerjaan.

Pengobatan gangguan kecemasan bisa dengan perubahan perilaku atau psikoterapi dengan psikiater.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AF
30 Apr 2020, 16:16
saya mengidap bipolar And under medication. Karna pandemi & tidak bs konsul, Obat saya sudah habis. sy minum obat lamictal 50mg & risperidone 2mg. karna dirumah membuat saya tidak nyaman sekali karena saya memang agak bermasalah dg keluarga sehingga yang ada mood saya hancur sekali selama dirumah.
Dibalas oleh AF
30 Apr 2020, 16:17
Yg sgt membuat sy tidak nyaman lg & hal ini blm saya konsultasikan sy sering mengalami cemas yg biasanya sekedar sesak nafas, degdegan, mual hingga muntah biasanya sy alami ktk berada dikelas ktk kuliah karna takut & tdk nyaman berada di sekitar org2, & sy jg alami ketika ada org yg marah depan sy, bentakan, teriakan, sy akan merasa takut & mengalami cemas sprt yg sy jelaskan.
Dibalas oleh AF
30 Apr 2020, 16:17
1 tahun lalu sy mengalami kejadian yg tidak bs sy ceritakan namun panik ini membuat badan saya kaku, degdegan, kaki tangan kesemutan, lebih parah dr cemas biasanya yg muncul seminggu 2-3x.
Dibalas oleh AF
30 Apr 2020, 16:18
Kemarin sy mengalaminya lg setelah 1th. Sy degdegan hingga 1 jam, tangan kaki kesemutan lebih dr 10 menit yg sy bs lakukan hanya menangis karena tidak tau mau minta tolong kesiapa. Karna sy tidak mengabari keluarga jika saya punya mental disorder. Apakah dokter disini bs memberikan resep untuk obat saya agar sy bs rutin lg meminum obat dimasa pandemi yg sgt sulit ini bagi saya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
01 May 2020, 10:22
Siang AF,
Apabila memang memiliki riwayat pengobatan dengan psikiater, ada baiknya tetap melakukan pemeriksaan. Tidak perlu khawatir untuk datang ke rumah sakit. Gunakan masker dan rajin mencuci tangan. Lakukan juga online booking agar tidak lama menunggu di rumah sakit, ataupun juga saat ini sudah ada beberapa dokter spesialis yang juga melakukan telekonsultasi. Upayakan tetap tenang dan kendalikan diri, harus bisa terbuka juga dengan keluarga agar bisa terbantu. Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aroma lavender dapat menahan rasa sakit dan antikecemasan

10 Cara Mengatasi Stres yang Tidak Sulit untuk Anda Lakukan

Stres merupakan gangguan mental yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa cara mengatasi stres, antara lain mencium aroma lavender, berolahraga, pergi ke luar, perbanyak senyum, dan mendengarkan lagu.