Gangguan kecemasan akibat stres, trauma dan fobia.

DM Info Penanya: DM
Saya ingin bertanya sekaligus minta pendapat/solusinya dok, Saya sering merasakan gangguan kecemasan akhir-akhir ini, selepas saya terlepas dari setres berat akibat trauma dan fobia. Apakah itu hal yang wajar?? Karena kecemasan saya membuat saya sendiri merasa lelah dan sangat menjadi beban untuk saya. Trims..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DM

Gangguan kecemasan bisa dialami oleh banyak orang terutama yang mengalami rasa takut dan cemas. Bila dirasakan berlebihan dikenal dengan istilah fobia. Kadang perlu penanganan khusus untuk menghilangkan rasa takut dan kecemasan yang dirasakan. Biasanya dibantu dengan tenaga professional seperti psikolog atau terapis. Ada beberapa terapi yang bisa dilakukan.

Salah satunya adalah dengan terapi perilaku kognitif dengan mengidentifikasi pemikiran-pemikiran negatif dan mengganti dengan pemikiran yang lebih positif dan efektif. Teknik-teknik yang dipelajari untuk menghadapi rasa takut yang dialami dan menangani beragam emosi yang dirasakan. Sehingga akan timbul kesadaran bahwa pemikiran yang muncul tidak sesuai dengan kenyataan sehingga dapat menemukan cara untuk mengganti pola pikirnya yang tidak tepat.

Kemudian cara berikutnya dengan teknik pernapasan, dengan melakukan pernapasan yang dalam dapat menghilangkan rasa takut. Teknik pernapasan menggunakan perut dan bukan dada. Sehingga pertukaran gas terjadi lebih efektif sekaligus membantu untuk lebih rileks. Anda juga dapat mencoba teknik relaksasi lainnya seperti meditasi atau yoga. Olahraga juga dapat menjadi alternatif untuk mengalihkan pikiran.

Mengenal Stres dan Berbagai Gejalanya

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lapang dada dalam menghadapi kegagalan dan kekalahan, penting untuk dipahami, untuk terhindar dari risiko gangguan mental.

Tips Lapang Dada dalam Menghadapi Kegagalan dan Kekalahan

Agar tak berujung pada gangguan mental seperti depresi, ada beberapa cara dalam menghadapi kegagalan dan kekalahan, yaitu dengan segera bangkit setelah bersedih, melakukan self-talk positif, dan lainnya.