Apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi keluhan mental?

YM Info Penanya: YM, Wanita, 25 Tahun
Halo Dok, saya ingin bertanya dok mengenai Ibu saya. Ketika sedang emosi ibu saya terkadang dapak kaget atau kejang sesaat lalu menangis dan ingin melakukan hal di luar kontrol dirinya (seperti bunuh diri dan memukul-mukul benda sekitar). Ia juga mengalami insomnia sejak lama dan ada di suatu malam,m, ia menggendong guling, sambil bersenandung lagu nina bobo seolah2 sedang memeluk bayi. Saat itu pun, kami keluargany berusaha memanggilnya, namun tidak ada respon. Ap yg hrs saya lakukan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam YM,

Kesehatan mental merupakan salah satu hal penting dimana jika mengalami adanya masalah mental bisa menurunkan kemampuan seseorang untuk menjalankan kehidupan sehari-harinya. Kesehatan mental sendiri bisa terganggu, faktor penyebabnya bisa beragam baik karena faktor genetik, masalah keseimbangan hormonal otak, adanya trauma, tekanan psikis akibat faktor sosial, ekonomi dan beragam hal lain, termasuk karena adanya gangguan kesehatan yang menimbulkan gangguan psikologis.

Apabila saat ini ibu Anda timbul beberapa gejala yang mengarah pada gangguan kesehatan mental seperti:

  • Sering kesulitan mengendalikan emosi
  • Perubahan mood yang cepat
  • Berperilaku yang dianggap tidak normal
  • Berbicara sendiri ataupun bahasa yang tidak bisa dimengerti
  • Mudah curiga pada orang
  • Sering menangis terus menerus, atau tertawa tiba-tiba
  • Mengabaikan higienitas diri ataupun gejala lainnya

Jika ada gejala tersebut, maka sebaiknya bisa diperiksakan pada dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater. Nantinya perlu dilakukan wawancara psikiatrik dan juga evaluasi lebih lanjut mengenai kondisinya. Untuk penanganan sendiri akan diberikan baik dilakukan konseling, psikoterapi, ataupun pengobatan. Apabila sedang mengalami kondisi akut, tidak jarang perlu dilakukan perawatan terlebih dahulu sampai bisa ditenangkan atau distabilkan kondisinya. Dukungan keluarga sendiri merupakan hal yang diperlukan agar ibu Anda bisa kembali menjalankan hari-harinya dengan lebih baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Di internet ada banyak sekali kuis-kuis yang diklaim merupakan tes kesehatan jiwa dan dapat mendeteksi kondisi kejiwaan seseorang

Ketahui Konsekuensi Buruknya Sebelum Melakukan Tes Kesehatan Jiwa di Internet

Jangan sembarangan memercayai tes kesehatan jiwa yang banyak beredar di internet karena tes ini harus diberikan oleh seseorang yang profesional di bidangnya, seperti psikolog, psikiater, dan konselor kesehatan mental lainnya.