Gangguan jantung mitral valve prolapse yang menyebabkan gangguan detak jantung, apakah perlu tindak lanjutnya?

F Info Penanya: F, Wanita, 16 Tahun
Apakah perlu tindak lanjut mengenai mitral valva prolapse yang menyebabkan gangguan seperti detak jantung yang mengganggu dan pusing?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F

Terima kasih atas pertanyaannya.

Mitral valve prolapse, adalah lepasnya katup mitral di jantung. Apa itu katup mitral, jadi jantung memiliki 4 ruang, aliran darah berlangsung satu arah jadi tidak ada arus balik dari darah. Yang mengatur aliran darah 1 arah adalah katup / pintunya. Anda bisa bayangkan kalau pintunya lepas. Pasti ada aliran darah ke arah sebaliknya. Efeknya darah yang keluar berkurang, darah yang keluar tidak lancar dan akhirnya jantung akan bekerja lebih berat. Jantung adalah otot, apa yang terjadi bila otot bekerja berlebihan? Otot akan membesar dan makin keras, padahal sebagai pompa jantung harus elastis agar semua yang masuk ke jantung akan keluar ke seluruh tubuh. Bila tidak keluar akan merembes ke tempat lain karena kepenuhan. Yang pertama terpengaruh adalah paru-paru yang berada di sekitar jantung. Paru-paru akan menjadi basah, padahal paru-paru seperti spons. Kebayang kalau spons basah, bagaimana udara bisa lewat.

Saran saya sebelum itu semua terjadi dan kualitas hidup anda berkurang karena sering keluar masuk ruang emergency. Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung untuk melakukan tindakan. Operasi jantung di Indonesia sudah maju dan problem seperti anda sudah banyak ditangani. Kebetulan saya termasuk anggota tim bedah jantung di Jakarta. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi SWL (Shock Wave Lithotripsy) dianggap paling efektif dalam menghancurkan batu ginjal

4 Jenis Operasi Batu Ginjal yang Bisa Anda Jalani

Operasi batu ginjal seringkali diperlukan pada kasus batu ginjal berukuran besar atau mengganggu fungsi tubuh lainnya. Ada empat pilihan operasi batu ginjal yang dapat diambil, operasi yang efektif menghancurkan batu ginjal berukuran kecil dan paling sering dilakukan adalah Shock Wave Lithotripsy (SWL).