22 Feb 2021, 13:14Penyakit Lainnya

Gangguan Hati apakah mempengaruhi hasil tes antigen?

AN*
Info Penanya: AN*, Pria0
Dok mau tanya apakah seseorang dugaan penyakit gangguan hati dapat menimbulkan hasil antigen Reaktif pada penyakit Covid 19.??
583 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam MRPemeriksaan rapid test antigen merupakan salah satu jenis tes untuk skrinning infeksi virus COVID19. Antigen ini mendeteksi adanya komponen-komponen virus pada lendir yang di swab dari saluran pernafasan. 

Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Rapid Test Antigen

Adanya gangguan fungsi hati tidak berpengaruh pada hasil pemeriksaan rapid test antigen. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil rapid test antigen. Faktor-faktornya adalah:
  • Tingkat akurasi yang bervariasi dari setiap merek alat rapid
  • Kondisi alat rapid baik atau rusak
  • Keahlian tenaga medis dalam pengambilan swab lendir
  • Kontaminasi sampel swab lendir

Gangguan Fungsi Hati Menyebabkan Imunitas Rendah

Organ Hati merupakan salah satu organ penting yang berperan dalam metabolisme tubuh untuk menyaring racun-racun dalam tubuh serta berperan dalam pembentukan sel-sel darah. Adanya gangguan fungsi hati berpengaruh pada daya tahan tubuh yang rendah pada orang yang mengalaminya sehingga beresiko terkena berbagai infeksi.Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mengobati gangguan fungsi hati anda secara rutin. Terapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan dengan tetap berada di rumah. Bila anda merasakan adanya gejala-gejala infeksi COVID19 maka segeralah melakukan pemeriksaan rapid test antigen atau PCR.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL 
infeksi viruspenyakit haticoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil