Flek beberapa minggu setelah haid, normalkah?

G0 Info Penanya: G0, Wanita, 1 Tahun
Selamat sore dokUmur saya 17 thn belum menikah, tgl 31 Juli saya haid sampai tgl 9 Agustus. Kemudian ditgl 22 saya mengeluarkan flek coklat tua selama 3 dihari ini.Sebelumnya saya belum pernah mengalami seperti ini .Jadi gimana dok penyakit atau apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, G.

Flek yang muncul beberapa minggu setelah haid bisa disebabkan oleh kondisi yang bervariasi, mulai dari yang normal sampai mengindikasikan adanya suatu penyakit tertentu. Pada orang yang belum menikah seperti Anda, flek dikatakan normal apabila timbul pada hari-hari awal dan akhir masa haid.

Apabila Anda mengalami haid terakhir tanggal 31 Juli, maka mungkin saja tanggal 22 Agustus Anda sudah haid kembali, dan hal tersebut adalah normal. Idealnya, haid akan dialami setiap 21-35 hari, dan berlangsung selama 3-7 hari. 

Oleh karena itu, coba anda pantau dan amati terlebih dahulu kondisi Anda pada hari ini dan beberapa hari ke depan, apakah Anda mengalami perdarahan deras seperti haid biasanya atau tidak. Apabila iya, maka Anda dapat tenang karena hal tersebut adalah normal.

Tetapi, apabila flek berlangsung terus-menerus lebih dari 14 hari, atau disertai dengan nyeri hebat pada perut, periksakanlah kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dikhawatirkan, ada kemungkinan Anda mengalami penyakit tertentu, misalnya:

  • Sindrom ovari polikistik
  • Mioma uteri
  • Gangguan stres akut
  • Gangguan tiroid
  • Obesitas atau underweight

Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, kemudian memberikan saran yang sesuai dan tepat. Penanganan bisa berupa edukasi untuk modifikasi gaya hidup, maupun obat-obatan, atau rujukan ke spesialisasi lain apabila belum dapat terselesaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dismenore primer adalah nyeri haid tanpa kaitan dengan penyakit tertentu

Mengenal Apa Itu Dismenore Primer yang Bisa Muncul Saat Haid

Sering nyeri berat saat menstruasi, padahal kondisi Anda sehat? Anda mungkin saja mengalami jenis dismenore primer yang tak berhubungan oleh penyakit.