Apakah siklus haid saya normal?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 1 Tahun
Pagi dok bulan juli ini saya haid udah 2x dok awal bulan smpai 6hari dan sekrng tgl 15 sudah haid lagi .tapi tidak ada keluhan sakit apa" apakah itu normal dong . Mohon penjelasanny?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Haid adalah kondisi yang secara normal terjadi pada setiap wanita dimulai sejak masa puber hingga menjelang masa menopausenya. Seorang wanita dikatakan memiliki siklus haid yang normal bila terjadi 21-35 hari. Cara menghitung siklus haid seorang wanita adalah dihitung dari hari pertama haid pada periode bulan ini, sampai dengan hari pertama haid pada periode bulan salanjutnya. Sedangkan, lamanya proses haid seorang wanita dikatakan normal bila terjadi selama 3-7 hari. 

Beberapa kondisi yang bisa mempengaruhi siklus haid adalah:

  • Adanya masalah pada hormon
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • Adanya obesitas
  • Adanya perubahan berat badan yang terjadi secara mendadak
  • PCOS
  • Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi (KB)
  • Stres
  • Kelelahan akibat dari aktivitas fisik yang berlebihan

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila Anda mengalami haid pada awal bulan Juli dan pada tanggal 15 Juli Anda sudah haid kembali berarti iklus haid Anda pada bulan Juli ini tidak normal karena kurang dari 21 hari. Sedangkan, saat awal bulan Juli Anda mengalami haid selama 6 hari, maka lamanya proses haid Anda termasuk normal, walaupun siklus haidnya tidak normal.

Beberapa penyebab bisa karena kondisi-kondisi yang sudah disebutkan di atas. Usahakan Anda tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi,  hindarilah stres dan kelelahan, lakukan istirahat cukup, perbanyak sayur dan buah-buahan, lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar. Apabila keluhan dirasa belum membaik, atau muncul berulang, segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perubahan mood adalah efek samping menopause

Efek Samping Menopause Tidak Selalu Negatif, Ini Penjelasannya

Efek samping menopause tidak selalu memberikan dampak buruk bagi para wanita. Menopause justru dapat memperkecil ukuran tumor jinak yang diidap oleh wanita.