Gangguan haid karena tuba non paten? Bisakah?

N Info Penanya: N, Wanita, 33 Tahun
Selamat siang Dok,Saya sudah di HSG dan hasilnya adalah salah satu Tuba Faloppy ada yang tersumbat diakibatkan haid yang tidak lancar. Saya belum memiliki momongan padahal sudah menikah selama 5 tahun. Ketika datang haid darah yang keluar hanya sedikit atau hanya berupa flek coklat saja selama 2 hari. Mohon masukannya dari Dokter dan solusi supaya haid saya menjadi lancar kembali. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu N,

Sumbatan dan perlengketan  yang terjadi pada tuba falopy (dikenal dengan nama Tuba Nonpaten), dapat disebabkan karena endometriosis (paling banyak), infeksi yang menyebabkan perlengketan, tumor, dll. Setelah tindakan HSG (Histerosalpingography) dan ditemukan adanya sumbatan atau perlengketan pada tuba falopi, maka Dokter akan menyarankan untuk melanjutkan tindakan pengobatan  dengan Hidrotubasi. Apabila Dokter Kebidanan dan Kandungan (Sp.OG) belum menyarankan hal ini, saran kami supaya sebaiknya Ibu segera menanyakan kepada Dokter kandungan yang mengobati Ibu.

Rahim normal memiliki dua saluran (tuba falopi) untuk menyalurkan sel telur yang telah matang dari indung telur ke dinding rahim untuk kemudian bertemu dengan sperma dan terjadi pembuahan yang dilanjutkan dengan kehamilan. Pada umumnya proses pembuahan dan kehamilan hanya dibutuhkan satu sel sperma yang sehat dan satu sel telur yang matang. Sehingga bila terjadi sumbatan pada satu saluran telur, dan satu saluran lainnya masih berfungsi dengan normal, maka kemungkinan untuk kehamilan masih tetap ada, walaupun lebih kecil.

Ketidaksuburan dan hambatan dalam proses untuk hamil, dapat disebabkan oleh banyak sekali faktor sehingga sebaiknya dilakukan pemeriksaan kesuburan secara keseluruhan untuk suami dan Ibu sendiri.

Volume darah haid sedikit (hanya flek) dan waktu haid yang singkat, merupakan suatu bentuk gangguan menstruasi. Dan untuk setiap wanita dalam kurun hidupnya adalah normal bila beberapa kali mengalami gangguan menstruasi. Hal ini disebabkan karena menstruasi dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor.

Darah haid yang sedikit dikenal dengan nama Hypomenorhoe, yaitu jika volume darah haid kurang dari 80 cc atau kurang dari 3 pembalut sehari dan waktu haid  kurang dari 3 hari. Salah satu penyebabnya adalah karena gangguan hormonal seperti turunnya kadar hormon Progesteron dan Estrogen dalam darah, tidak terjadinya ovulasi (pematangan sel telur).

Sebaiknya Ibu dan suami bersama-sama segera kunjungi Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kram perut saat hamil muda bisa menjadi indikasi masalah serius seperti keguguran

Kram Perut saat Hamil Muda: Penyebab, Ciri-ciri, dan Tips Mengatasinya

Kram perut adalah kondisi yang umum terjadi di awal masa kehamilan. Meski umumnya normal, kram perut saat hamil muda bisa menjadi indikasi masalah serius seperti keguguran. Biasanya kram perut juga menjadi tanda adanya perubahan ukuran rahim, peningkatan progesteron, hingga peregangan ligamen.