Gangguan ereksi pada laki-laki muda

ZS Info Penanya: ZS, Pria, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya, nama saya ahmad, umur 29 thn. Saya baru menikah beberapa minggu lalu. Saya merasa heran kenapa setiap saya mau melakukan hubungan badan dengan istri saya selalu saja kemaluan saya tidak bisa keras, padahal awalnya sudah keras tapi hanya sebentar saja setelah itu lembek lagi. Apa karena saya sering nonton bokep dan masturbasi ya? Apa ada solusi nya ya dok? Mohon penjelasan nya dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, QS

Kebiasaan menonton film porno dan masturbasi sebetulnya termasuk hal yang wajar. Dan tidak meninggalkan efek permanen baik secara fisik atau psikis pada seseorang. Kadang kecemasan untuk memuaskan pasangan menyebabkan gangguan ereksi, dan berlanjut saat mencoba melakukan aktivitas seksual berikutnya.

Untuk mencapai suatu proses ereksi ada banyak hal terjadi secara simultan. Pertama ada rangsangan yang menstimulasi saraf di otak. Darah akan mengalir ke penis dan tercapai ereksi dengan baik. Banyak hal yang mengganggu ereksi, terutama adalah emosi seperti stres, depresi dan cemas. Apalagi disertai penggunaan alkohol yang bertindak sebagai pemicu disfungsi ereksi (Erectile Dyscfunction).

Kadang-kadang disebabkan suatu penyakit, misalnya1. Diabetes. Dikarenakan ada kerusakan pembuluh darah dan saraf, bila tidak dikontrol dengan baik kemungkinan disfungsi ereksi menjadi 2x lipat.2. Penyakit Ginjal. Dikarenakan gangguan aliran darah ke penis, sistem saraf dan hormon. Sehingga tenaga dan libido berkurang.3. Gangguan saraf dan otak. Misalnya stroke, alzheimer, parkinson, MS sehingga sistem saraf terganggu dan fungsi ereksi terhambat.4. Penyakit pembuluh darah. Sumbatan pembuluh darah arteri, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.5. Gangguan hormon. 6. Operasi, cedera atau trauma pada penis.7. Merokok atau narkotika.8. Efek samping dari obat tertentu. Cara mengatasi disfungsi ereksi, dimulai dengan perubahan gaya hidup seperti berhenti merokok, menurunkan berat badan, mengurangi alkohol dan obat-obatan. Teknik perawatannya meliputi konseling, medikasi, pompa atau tindakan bedah. Ada juga terapi pelengkap seperti suplemen nutrisi, ramuan herbal, atau akupunktur. Sebaiknya diskusikan langsung dengan Dokter untuk menentukan pilihan terapinya.  Beberapa suplemen yang membantu aliran darah diantaranya :
  • L-arginine 
  • Flavanoid
  • Zinc
  • Vitamin D
  • DHEA

Mengingat suplemen bukan termasuk kategori obat-obatan farmasi sehingga efektivitas dan efek sampingnya tidak selalu sama untuk setiap orang. Jadi harus dibicarakan juga dengan dokter anda.

Semoga saran saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

  
RA
05 Sep 2019, 04:20
Lekas sembuh yaa pa, Maaf sblumnya, tapi masalahnya sama kya paman saya dlu, alhamdulilaah setelah konsul sama dokter spesialis urologi nya, dan skrg cuman perawatan obat herbal bisa sembuh lagi, diskusi pengalaman nya mungkin bisa chat di wa 083862651634 :)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak mampu menahan dorongan seksual termasuk salah satu ciri-ciri wanita hiperseks

Ciri-ciri Wanita Hiperseks, Apakah Sama dengan Wanita Libido Tinggi?

Yang dimaksud hiperseks ternyata bukanlah sekedar gairah seksual yang tinggi. Kondisi mental ini bisa berdampak pada kesehatan dan relasi dengan pasangan. Agar lebih waspada, Anda perlu mengenali ciri-ciri wanita hiperseks agar tahu bedanya dengan libido tinggi.