09 Dec 2020, 15:24Pernapasan

Penyebab nyeri dada yang sering dialami

EC
Info Penanya: EC, Wanita, 19 Tahun
Dok, kenapa ya kadang kalo saya nafas ini di dada seperti ada yang menghalangi, seperti kalo pelastik tertiup angin gitu rasanya. Terus sering juga dada saya baik sebelah kanan maupun kiri itu suka sakit. Kira kira kenapa ya dok ??? Terus langkah yang harus saya ambil itu bagaina ya dok ?
232 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo E,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Rongga dada merupakan tempat dimana banyak organ yang ada, termasuk jantung dan paru-paru. Keluhan di dada juga dapat disebabkan oleh penjalaran rasa nyeri dari organ sekitarnya, misalnya lambung. Karena letak jantung dan lambung yang berdekatan, maka gejala yang ditimbulkan juga membuat rancu penderitanya.

Penyebab nyeri dada yang sering dialami

Penyebab nyeri dada yang sering dialami antara lain :
  • Sindroma dispepsia merupakan kumpulan gejala yang dirasakan yang berhunungan oleh lambung, baik itu karena asam lambung yang meningkat, kerusakan penyerapan asam lambung, lambung yang terluka membuat rasa tidak nyaman, nyeri, begah, kembung di lambung. Gejala dapat disertai rasa sesak di dada, dan mual, serta muntah.
  • GERD merupakan gejala lambung yang lebih spesifik disebabkan oleh katup antara lambung dan saluran esofagus yang tidak baik, membuat asam dari lambung naik, dan meruksak esofagus, ini dapat menyebabkan rasa nyeri, terbakar, panas, di dada, juga lidah terasa pahit serta asam.
  • Trauma pada rongga dada dapat membuat dada terasa nyeri, bengkak, dan merah. 
  • Serangan jantung adalah penyakit yang harus diwaspadai karena dapat menyebabkan kematian mendadak. Gejala yang dialami berupa nyeri dada seperti dada ditimpa oleh beban berat, hingga mencekik di leher dan menjalar ke tangan kiri. Nyeri ini dapat disertai dengan keringat yang banyak bercucuran, rasa mual, serta muntah. Gejala ini dapat berlangsung lebih dari 15 menit.
  • Sesak dan nyeri pada dada dapat juga disebabkan oleh infeksi saluran nafas bawah seperti pneumonia, TBC paru, asma, dan PPOK.

Langkah yang harus Anda lakukan untuk menangani keluhan nyeri dada

Langkah yang harus Anda lakukan untuk menangani keluhan nyeri dada adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu penyebab yang ada dan segera mengatasinya. Anda juga harus menerapakan pola hidup sehat agar terhindar dari segala penyakit dan hindari merokok maupun terpapar asap rokok. Jika nyeri dada datang secara tiba-tiba, tarik nafas panjang, dan keluarkan melalui mulut. Segera panggil bantuan jika keluhan memberat disertai kesulitan bernafas dan keringan dingin.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
asmagerdppok
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil