Gangguan Cemas, ingin berhenti obat dari psikiater. Bolehkah ?

DC Info Penanya: DC, Pria, 19 Tahun
Selamat malam dokter .Saya sudah 4tahun lebih berobat ke pesikiater tetapi belum sembuh sempurna ,pertama saya mengalami masalah pencernaan trs merambat ke kecemasan dan kekhawatiran ,sudah pernah coba berhentiin obatnya malah kambuh lagi ,bagaimana cara agar sembuh sempurna dok? ,,ini saya sudah kembali fit lagi tetapi masih minum obat rutin
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang Bapak D,

Gangguan kecemasan merupakan istilah yang umum digunakan untuk beberapa penyebab rasa gugup, ketakutan, dan kekhawatiran. Gangguan ini tentunya memengaruhi perasaan dan perilaku, sehingga dapat menimbulkan gejala fisik. Saat mengalami kecemasan yang ringan, mungkin Anda hanya merasa sedikit terganggu. Namun ketika Anda merasakan kecemasan yang parah, hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika Anda mengalami kecemasan dan kekhawatiran hal yang dapat Anda lakukan adalah :

  • Mengubah pola hidup sehat dengan selalu berpikir positif, mengisi kegiatan dengan hal-hal yang positif, olahraga secara tidur, isitirahat yang cukup, serta mengonsumsi makanan yang sehat.
  • Menerapkan teknik-teknik relaksasi untuk mengatasi stres yang dialami, seperti meditasi dan yoga.
  • Mengindari zat-zat dan obat-obatan yang dapat memicu rasa cemas, seperti alkohol, kopi, rokok, dan sebagainya.
  • Berbicara dengan orang-orang terdekat tentang masalah yang Anda hadapi atau mengikuti komunitas-komunitas yang terdiri dari orang-orang yang juga mengalami hal yang serupa agar bisa berdiskusi dan saling mendukung.

Gangguan kecemasan tidak dapat dicegah tetapi Anda bisa mengatasinya agar tidak muncul kembali dengan beberapa cara berikut ini:

  • Membuat prioritas dalam hidup serta mengatur waktu dengan cermat.
  • Menghindari pengunaan zat-zat atau obat-obatan yang dapat memicu rasa cemas, seperti rokok, alkohol, narkotika, dan sebagainya.
  • Mencari bantuan dari dokter dan ahli kesehatan lainnya dengan segera ketika merasakan gejala-gejala gangguan kecemasan umum.
  • Selalu berdiskusi dengan dokter dan ahli kesehatan mental Anda mengenai kecemasan Anda. 
  • Menerapkan teknik-teknik untuk mengatasi stres, seperti meditasi dan sebagainya. 
  • Mengurangi penggunaan sosial media. Sering menggunakan sosial media memicu kecemasan dikarenakan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
  • Mencintai diri sendiri.

Konsultasikan ke dokter psikiatri Anda untuk mendapatkan terapi yang tepat.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika mengenal penderita PTSD dengan tangan disilet, ajaklah untuk mencari bantuan ke psikolog

Penderita PTSD Bisa Mengalami Kondisi Tangan Disilet, Ini Sebabnya

(PTSD) post traumatic stress disorder adalah suatu gangguan psikologis yang berisiko melukai diri sendiri dengan menyilet tangan. Penderita PTSD melukai dirinya sendiri bukan dengan tujuan untuk bunuh diri, melainkan sebagai jalan keluar untuk mengatasi kekacauan yang sedang dirasakan secara psikologis.