22 Jun 2020, 12:09Psikologi

Kenapa gampang kepikiran?

SU
Info Penanya: SU, Pria, 16 Tahun
Dok, mau tanya nih. Saya itu orangnya gampang kepikiran suatu masalah. Baik masalah saya, atau teman. Terus, pernah maag saya kambuh dan asam lambung naik turun. Nah itu kejadian sekitar 2 minggu.Menurut guru saya, itu karena pikiran saya, bukan karena salah makan. Dan ketika saya cerita sama teman saya, Dia bilang "Kamu itu kalau dicurhati sama orang lain jangan gampang kepikiran?"Kenapa saya gampang kepikiran masalah dok? Tolong dijawab ya dok. Terima kasih
20653 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi SU,Kepribadian setiap orang tentunya berbeda-beda, ada yang lebih sensitif dan perasa dalam artian mudah hanyut dengan kondisi orang lain, atau tipe orang yang cuek dan tidak peduli dengan orang lain. Tentunya kedua hal tersebut perlu diselaraskan agar kondisi orang lain tidak mempengaruhi kondisi Anda sendiri. Diperlukan rasa empati namun tidak berlebihan.

Perihal keluhan maag yang sering kambuh bisa disebabkan oleh:

  • Pola makan yang tidak baik, misal sering terlambat makan, makan ketika senggang saja. Atau makan teratur namun dengan pemilihan menu yang salah misal sangat pedas, asam, bersantan, atau sering minum kopi dan soda.
  • Faktor stres yang tinggi seperti terlalu bersimpati dengan orang lain juga akan merangsang produksi asam lambung semakin banyak dan asam lambung bisa naik (GERD), bukan turun.

Saat ini yang perlu Anda lakukan agar lebih sehat adalah:

  • Anda cukup berempati dengan keluhan-keluhan teman Anda, bukan bersimpati secara berlebihan. Karena bila kondisi Anda seperti ini maka bukannya Anda membantu teman Anda, malah Anda menambah masalah baru bagi diri Anda sendiri.
  • Biasakan pola makan yang baik dan benar.
  • Ajak teman Anda untuk konseling ke psikolog bila Anda sendiri tidak mampu membantunya.
  • Berbagi cerita dengan orang tua yang tentunya lebih berpengalaman.
  • Minum antacida bila Anda terasa mual.
Ajak orang tua untuk menemani Anda periksa ke dokter bila keluhan maag dirasakan sering kambuh, atau konseling ke psikolog bila Anda merasa mudah cemas.Salam sehat,dr. Vina
asam lambunggerdgangguan kecemasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil