Nyeri perut kiri bawah pada ibu saya, apa penyebabnya?

MN Info Penanya: MN
halo dok..ibu saya berumur 60 th.perutnya sakit. trasa panas perih seperti ditusuk sampai tembus belakang.. sakit perutnya dibagian kiri bawah..sakit apa ya dok ibu saya.. soalnya sering kambuh.. klo hbs mnum obat mag reda beberpa jm kmdian sakit lagi.. ibu punya diabet dok.. makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MN,

Sakit perut bawah adalah keluhan yang memiliki beragam kemungkinan penyebab terlebih pada wanita, dimana organ yang ada di sekitar rongga perut lebih banyak seperti gangguan saluran pencernaan, gangguan saluran kemih, gangguan organ reproduksi, gangguan ginjal, masalah tulang punggung dan lainnya.

Apabila membaik dengan konsumsi obat maag, ada kemungkinan bisa terjadi karena masalah saluran pencernaan seperti penyakit maag, asam lambung, konstipasi ataupun tukak lambung. Perhatikan apa pemicu timbulnya gejala dan gejala apa yang menyertai seperti misalnya mual, muntah ataupun penurunan nafsu makan.

Tidak jarang juga kebiasaan sehari-hari yang jadi pemicunya seperti:

  • Sering terlambat makan
  • Mengonsumsi makanan yang menyebabkan nyeri lambung seperti makanan pedas, asam, bersantan, kopi, teh, cokelat, dan soda
  • Stres, cemas ataupun masalah beban pikiran lain yang memicu peningkatan asam lambung
  • Kurang istirahat

Jadi bisa rutin mengonsumsi obat maag seperti antasida 2-3 kali sehari sebelum makan dan perbaiki pola hidupnya. Jika tidak ada perbaikan maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis penyakit dalam untuk dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alpukat tidak bersifat asam menjadi buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi

Terbukti Aman, Ini Daftar Buah untuk Asam Lambung yang Bersahabat

Untuk menghindari asam lambung naik, buah yang aman untuk penderita GERD adalah yang tidak bersifat asam seperti alpukat, apel, berries, melon, persik, dan pisang.