Kenapa tidak haid setelah suntik KB?

MS Info Penanya: MS, Wanita, 1 Tahun
Hallo.dok saya mau tanya bulan maret saya suntik kb yang 1 bln tanggal 23 ketemu lagi tanggal 16 bln april tapi saya gak haid pas d tespek jga negatip jdi saya suntik kb lah kan pas d tespek negatip ..ko bln sekarang jga gak dapet2 haid kenapa ya dok tapi tiap d tespek negatif??? Mohon d jawab
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MSE.

Menstruasi atau haid adalah keluarnya darah dari vagina yang berasal dari luruhnya dinding rahim saat tidak terjadi pembuahan. Seorang wanita sehat akan mengalami haid yang teratur, umumnya setiap 21-35 hari, dengan rata-rata 28 hari. Apabila siklus haid tidak teratur, hal ini bisa disebabkan beberapa hal seperti kehamilan, PCOS, stres yang berlebihan, maupun penggunaan kontrasepsi hormonal.

Kontrasepsi hormonal adalah salah satu metode yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Contoh kontrasepsi hormonal adalah pil, suntik, dan implan. Cara kerjanya adalah dengan memengaruhi hormon kewanitaan, yang berefek pada produksi sel telur atau bentuk dinding rahim. Karena alasan itulah, seseorang yang menggunakan kontrasepsi hormonal akan mengalami perubahan siklus haid.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan perubahan siklus haid yang Anda alami, Anda dapat beralih ke kontrasepsi non hormonal seperti kondom atau IUD. Atau, Anda juga bisa menggunakan metode senggama terputus atau menghitung masa subur, walaupun efektivitasnya tidak sebaik kontrasepsi hormonal. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk menentukan metode kontrasepsi apa yang paling cocok bagi Anda.

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masa subur wanita setelah haid tidak selalu datang di waktu yang sama setiap bulan

Ini Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid dan Tanda-tandanya

Masa subur wanita setelah haid tidak selalu datang di waktu yang sama setiap bulan. Untuk itu, Anda dapat menghitung sendiri dengan kalender masa subur dan memerhatikan tanda-tandanya.