Apakah gagap bisa sembuh?

MP Info Penanya: MP, Pria, 25 Tahun
Dok saya mengalami gagap bil menyebutkan hirup arau angka tertentu namun tidak terlalu parah kira kira apa penyebnya dan apakah dapat sembuh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gagap merupakan suatu gangguan bicara yang berciri adanya pengulangan kata, suara, serta pelafalan pada saat berbicara. Penyebab gagap itu sendiri ada tiga jenis, yaitu neurogenic stuttering (gagap akibat abnormalitas pada jaringan otak, saraf, dan otot), psychogenic stuttering (gagap akibat trauma emosional yang berat), developmental stuttering (terjadi pada saat anak-anak mulai mampu mengembangkan kemampuan berbicara dan bahasanya). Selain itu, ada juga faktor-faktor yang menyebabkan seseorang gagap yaitu perkembangan anak yang terlambat, stres, dan mempunya kerabat yang juga mengalami gagap.

Ada beberapa cara untuk mengatasi gagap pada orang dewasa, yaitu:

  • Belajar berbicara dengan perlahan.
  • Menghindari kata-kata pemicunya gagap. 
  • Meditasi.
  • Bercerita dengan orang yang mau mengerti.
  • Terapi wicara.
  • Terapi kognitif perilaku. 
  • Mengkonsumsi obat-obatan yang berasal dari dokter.

Cara-cara diatas yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gagap Anda ini. Namun, perlu Anda ketahui juga, jika gagap pada saat usia dewasa, harus diterapi dengan ahlinya yaitu dokter spesialis jiwa agar dapat sembuh total. Jadi, saya sarankan untuk Anda melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis jiwa untuk mengobati gagap yang Anda alami. Kondisi ini bisa sembuh asalkan Anda disipilin dalam melakukan terapi. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi iatrogenik adalah salah satu jenis infeksi saluran reproduksi

Tindakan Medis Dokter Malah Bisa Timbulkan Penyakit Ini, Benarkah?

Penyakit iatrogenik adalah infeksi saluran reproduksi akibat aktivitas yang dilakukan oleh petugas kesehatan terhadap pasien di rumah sakit. Kondisi ini pun bisa terjadi akibat komplikasi penyakit yang sudah ada.