Gagal tumbuh pada anak

DS Info Penanya: DS, Pria, 29 Tahun
Dear Team Dokter, Adakah permasalahan pada pencernaan anak saya, dan mohon penjelasan mengenai anak gagal tumbuh? Saat ini anak saya berusia 20 bulan, anak saya susah sekali makan sejak aktif berjalan (usia 12 bulan) sejak itu penambahan berat badannya setiap bulan hanya 3-4 ons bahkan pernah tidak bergerak. Saat ini berat badannya 10 Kg, ada peningkatan 4 ons dari bulan lalu (9,6 kg). Anak saya masih ASI, kadang kalau makan sebentar terus minta nenen setelah itu untuk melanjutkan makan sulit bahkan sering tidak mau.Saya baca di internet mengenai gagal tumbuh anak, kalau dari bacaan tersebut ada penjelasan mengenai ciri-ciri anak gagal tumbuh, diantaranya; - Sering berkeringat saat bobo meskipun kamar ber-AC. - Sering bersin. - BAB banyak serta berbau sangat busuk dan warna cenderung kehitaman. - Enggan mengunyah makanan saat makan. - Tidur tidak nyenyak/sering terbangun.Dari beberapa ciri-ciri tersebut ada pada anak saya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak DS,

Gagal Tumbuh atau Failure to Thrive adalah kondisi yang menggambarkan bahwa seorang anak yang tidak dapat mencapai potensi pertumbuhan sesuai usianya. Meskipun sering ditemukan pada usia di bawah 2 tahun, tetapi gagal tumbuh dapat terjadi kapan saja pada masa anak anak. Gagal tumbuh merupakan pertanda bahwa anak tidak tumbuh dengan baik. Gagal tumbuh bukanlah suatu penyakit tertentu, tetapi dapat merupakan bagian dari suatu penyakit, sehingga perlu dicari penyebab gagal tumbuh, baik yang terkait dengan masalah medis, psikososial, maupun lingkungan.

Penyebab gagal tumbuh dibagi atas sebab organik yaitu gagal tumbuh bukan akibat disebabkan oleh masalah medis, dan gagal tumbuh organik yaitu gagalnya pertumbuhan akibat suatu penyakit spesifik.

Sebagai patokan maka Berat badan ideal untuk anak usia 20 bulan adalah sekitar 4 x berat badan saat lahir. Bila saat ini anak telah berusia 12 bulan maka, ASI bukan lagi merupakan sumber makanan utama. Cobalah untuk menambah dengan susu formula dan mulailah memberikan makanan yang sesuai dengan usia anak.

Untuk pemastian Diagnosa gagal tumbuh pada anak, maka Dokter akan memerlukan berbagai macam pemeriksaan penunjang, karena sangat berkaitan nantinya dengan pengobatan yang akan dilakukan.

Sebaiknya sebelum menduga-duga dan menimbulkan kekhawatiran, kami sarankan supaya segera mengunjungi Dokter Spesialis Anak (SpA) untuk berkonsultasi lebih lanjut. Bila diperlukan Dokter akan membuat rujukan ke Sub Spesialis Gizi Anak, dan lainnya.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stimulasi anak sejak dari bayi dapat membantu anak tumbuh menjadi anak cerdas

Membentuk Anak Cerdas dengan Stimulasi Sejak Dini

Stimulasi anak di usia yang tepat bisa membuat anak memiliki variasi kecerdasan di kemudian hari. Selain stimulasi umum, Anda juga dapat melakukan stimulasi khusus sesuai bakat anak.