23 Dec 2020, 15:14Penyakit Lainnya

Bagaiamana proses pemasangan AV shunt untuk hemodialisa ?

BR
Info Penanya: BR0
Mau tanya dok, ibu sy usia 62 th punya arteri kecil jdi gagal dipasang AV shunt. Dng tnpa mengurangi rsa hormat, sya mau tanya klo keluarga menolak untk operasi lagi di sekitar leher untk dipsng alat bgmna?masih bsa pkai jrum saat HD? Untk luka bekas suntik agr bsa pulih & siap disuntik lgi butuh waktu brp lama ya? Krena perwat tanpa sngja suntik di tmpat yg sama bikin arteri pecah dn sakit
7497 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi BR.Proses hemodialisa atau cuci darah dapat dilakukan saat ginjal seseorang tidak berfungsi dengan seharusnya dalam menyaring darah sehingga racun-racun akan menumpuk di dalam tubuh, serta cairan tidak dapat dikeluarkan yang menyebabkan tubuh menjadi bengkak dan dapat menimbulkan sesak nafas ataupun penurunan kesadaran. Proses hemodialisa ini menggantikan fungsi ginjal tersebut.

Bagaiamana proses pemasangan AV shunt untuk hemodialisa ?

Prose hemodialisa yang berulang-ulang menyebakan penderitanya harus ditusuk jarum secara terus menerus. Maka dari itu dokter akan menyarankan pemasangan arteriovenous (AV) shunt yaitu dengan menyambung pembuluh darah arteri dengan vena. AV shunt ini juga dikenal sebagai cimino. Av shunt akan dipasang di pembuluh darah pergelangan tangan dengan membuat sebuah sayatan kecil yang diawali dengan anastesi lokal, sehingga penderitannya tetap sadar. Jika pembuluh darah di pergelangan tangan tidak berhasil, maka dokter akan mencari pembuluh darah lain seperti di daerah leher.Jika keluarga Anda menolak untuk dilakukan operasi pemasangan cimino, maka dokter tidak akan memaksakan. Namun dengan proses hemodialisa secara rutin, akan membuat Ibu Anda terus menerus ditusuk jarum. Pembuluh darah yang terus menerus ditusuk jarum juga rentan untuk pecah, menyebabkan proses hemodialisa sulit dikerjakan. Risiko terjadinya infeksi pada pembuluh darah juga semakin besar. 

Bagaimana cara mempercepat penyembuhan pada pembuluh darah yang pecah ?

Cara mempercepat penyembuhan pada pembuluh darah yang pecah antara lain :
  • Kompres hangat pada area sekitar tempat tusukkan jarum.
  • Jaga tempat bekas suntikan untuk tetap bersih dan tidak terinfeksi.
  • Makan makanan yang tinggi protein namun harus dikonsultasi terlebih dahulu ke dokter.
Jika pembuluh darah sudah sembuh bisa dalam 2 hari bahkan lebih, maka penyuntikan untuk hemodialisa dapat dilakukan. Dokter juga dapat memilih pembuluh darah yang lain untuk proses hemodialisa. Untuk itu, pertimbangkan baik dan buruknya pemasangan AV shunt atau cimino bagi Ibu Anda.Semoga bermanfaat dan semoga Ibu Anda lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
makanan sehatpenyembuhan lukagagal ginjal kronis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil