24 Dec 2020, 09:39Kandungan

Cara membaca USG kandungan untuk melihat kondisi janin

MM
Info Penanya: MM0
Dokk normalkahhh GA 21W5D,AC 206MM,BPD 52.3MM,EFW 637GR......
2190 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo M,Saya akan mencoba menajwab pertanyaan Anda.Kehamilan merupakan anugerah yang terindah bagi pasangan terutama yang telah lama menanti sebuah keturunan. Banyak usaha yang dilakukan dalam menanti sebuah momongan termasuk usaha dalam menjaga kesehatan fisik, melakukan hubungan seksual yang teratur, meminum vitamin penyubur kandungan seperti asam folat, maupun hormon untuk meningkatkan kesuburan. 

Cara membaca USG kandungan untuk melihat kondisi janin

Salah satu manfaat USG adalah untuk mengetahui kondisi dan perkembangan janin. Apakah perkembangan janin berjalan normal ataupun ada masalah perkembangan organ tubuh janin seperti tidak terbentuknya tengkorak kepala atau kelebihan cairan di dalam otak. Selain itu, USG juga dapat berfungsi sebagai alat untuk melihat berat badan janin, jenis kelamin, serta mengetahui detak jantung janin apakah normal atau tidak.

Apakah GA 21W5D, AC 206 MM, BPD 52.3 MM, EFW 637 GR saat usiah kehamilan 21 minggu termasuk normal ?

Saya akan membahas satu persatu mulai dari GA adalah gestasional age artinya usia kantung kehamilan yaitu 21 minggu 5 hari. AC adalah abdominal circumference yang berguna untuk melihat lingkaran perut janin yaitu 206 mm. Ukuran AC janin usia 21 minggu sekitar 164 mm. Ukuran perut yang berbeda dapat dikarenakan salah "mengklik" lingkaran perut saat pemeriksaan USG.  BPD adalah biparietal diameter yang berfungsi untuk melihat diameter kepala janin yaitu 52,3 mm. Ukuran normal BPD janin usia 21 minggu yaitu 52 mm. EFW adalah estimation fetal weight atau perkiraan berat janin yaitu 637 gr. Berat janin usia kehamilan 21 hingga 22 minggu berkisar 340 gr hingga 430 gr. Namun hal ini dapat berbeda dengan hasil pemeriksaan karena janin yang bergerak saat diperiksa, ataupun air ketuban yang menutupi janin. Janin juga dapat lebih besar jika asupan Ibu lebih banyak dari kebutuhan janin.Perkembangan janin dapat dilihat dengan melakukan USG ulang minimal 1 kali setiap trimester kehamilan. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan Ibu dan janin dengan mengkomsumsi makanan bergizi, serta vitamin kehamilan yang ada, terutama zat besi, asam folat, dan kalsium. Terapkan pola hidup sehat dan olahraga serta senam hamil.Semoga Ibu dan janin sehat selalu. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
makanan sehatmenjaga kehamilanpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil