Bagaimana cara mengatasi fungal acne?

YN Info Penanya: YN, Wanita, 17 Tahun
Hallo dok saya mau bertanya jdi gini sebelumnya aku cuma bruntusan di area jidat aja lama kelamaan makin banyak trus dipipi juga dan di dagu juga merah merah dan juga teras gatal katanya sih fungal acne..menurut dokter sarannya gimana nih buat ngatasinnya soalnha udh lama banget udh coba skincare ini itu gaada yang cocok:(
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YN,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Fungal acne merupakan masalah kulit yang di sebabkan oleh jamur malassezia. Jamur tersebut sebenarnya tumbuh dalam setiap kulit seseorang, namun kadar cuaca dan kelembapan kulit seseorang yang menyebabkan peradangan. Fungal acne bukanlah merupakan jerawat melainkan infeksi folikel rambut.

Faktor resiko yang dapat menyebabkan fungal acne adalah, konsumsi obat-obatan tertentu, penyakit tertentu, kehamilan, kosmetik, udara panas dan lembab dan keringat.

Beberapa tips yang dapat dilakukan agar terhindar dari fungal acne :

  • Menggunakan sampo anti ketombe agar ketombe di rambut tidak turun ke wajah
  • Rajin mencuci muka dan selalu keringkan
  • Setelah berolahraga segera mandi dan ganti baju
  • Kurangi asupan gula dan karbohidrat berlebihan
  • Hindari stres dan aktifitas berat

Jika keluhan fungal acne Anda tidak membaik selama 2 minggu, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter kulit. Untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Selalu jaga pola makan Anda dengan makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari, istirahat cukup minimal 6-8 jam / hari, hindari stres dan aktifitas yang berat.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mandi secara teratur dapat membantu mengatasi jerawat di dada

Jangan Khawatir, Ini 7 Cara Mengatasi Jerawat di Dada

Jerawat di dada dapat menjadi hal yang mengganggu. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Namun, tak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.