27 Sep 2020, 12:53Penyakit Lainnya

Frozen collagen pada penderita HIV

DD
Info Penanya: DD, Pria, 1 Tahun
Dok saya mau nanya,kalo penderita HIV mengkonsumsi Frozen collagen gmna,boleh atw tidak? mohon penjelasan nya. makasi sebelumnya dok
440 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam DD,HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang hingga saat ini belum bisa disembuhkan sampai tuntas. Untuk bisa menekan laju virus dan juga membuat sistem kekebalan tubuh bisa membaik, penderita HIV perlu mengonsumsi obat Antiretroviral atau obat ARV setiap hari seumur hidupnya.Obat ARV ini sendiri bisa menimbulkan sejumlah efek samping seperti:
  • Masalah pencernaan dan penurunan nafsu makan
  • Mual dan muntah 
  • Diare
  • Perubahan kadar lemak
  • Keluhan pada kulit yang bisa tampak lebih gelap dan ruam kulit
  • Kelelahan
  • Masalah psikologis seperti cemas, depresi, sulit tidur
Salah satu masalah kulit yang bisa menjadi tampak lebih gelap dan kehilangan jaringan lemak sendiri bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri ataupun mengganggu penampilan.

Suplemen kolagen

Penggunaan asupan kolagen yaitu protein penting yang salah satunya bermanfaat untuk kulit seperti frozen kolagen sendiri pada penderita HIV sendiri belum diketahui pasti manfaatnya ataupun ada tidaknya efek yang bisa timbul.Beberapa efek dari suplemen kolagen sendiri yang perlu diwaspadai diantaranya seperti memperberat masalah gangguan pencernaan, rasa tidak nyaman dilidah, begah atau perut di perut, diare, ruam kulit. Untuk itu apabila dikonsumsi pada penderita HIV yang menggunakan obat ARV perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter yang menangani. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan kulithivmasalah kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil