Frenulum penis sobek, apa yang harus saya lakukan?

SR Info Penanya: SR, Pria, 16 Tahun
Sebelumnya saya ada luka lepuh di dekat frenulum kiri dan sekarang sudah kering, tapi kulit di frenulum Kiri saya seperti robek dan lumayan sakit jika dipegang, jadi apa yg harus saya lakukan, saya malu untuk bilang orang tua
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SR.

Penis adalah organ kelamin laki-laki yang berfungsi dalam proses berkemih dan reproduksi. Pada penis, ada bagian yang disebut frenulum, yaitu kulit yang menghubungkan penis dengan kulup. Kulit pada frenulum ini sangat tipis, sehingga rentan sobek.

Sobeknya frenulum dapat disebabkan oleh:

  • Melakukan hubungan seksual atau onani dengan kasar
  • Menggunakan celana dalam terlalu ketat atau tidak nyaman
  • Mengendarai sepeda atau motor
  • Cedera saat penis mengalami benturan tidak sengaja, misalnya saat berolahraga

Ketika frenulum sobek, seseorang akan mengalami rasa nyeri yang hebat, karena seluruh bagian penis memiliki banyak reseptor saraf. Rasa nyeri tersebut akan menetap mulai dari beberapa jam sampai beberapa hari. Biasanya, frenulum yang sobek jarang menyebabkan komplikasi, sehingga Anda dapat memantau kondisi Anda terlebih dahulu.

Agar pemulihan lebih cepat, hindari dulu onani dan berhubungan seksual. Hindari juga mengendarai motor atau sepeda. Apabila ternyata dalam beberapa hari nyeri tidak membaik dan disertai dengan gejala seperti luka yang berbau, bernanah, atau Anda mengalami demam, sebaiknya sampaikan kepada orang tua agar diperiksakan ke dokter spesialis urologi.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada satu rahasia kuat tahan lama tanpa obat yang susah-susah gampang dilakukan: komunikasi dengan pasangan

Cara Alami Lebih Baik, 7 Rahasia Kuat Tahan Lama Tanpa Obat di Ranjang

Banyak pria mendambakan performa seks yang baik di ranjang. Menerapkan rahasia kuat tahan lama tanpa obat tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga membuat komunikasi dengan pasangan membaik.