Fraktur Femur Sinistra, kapan bisa kembali jalan normal?

AA Info Penanya: AA, Pria, 21 Tahun
Halo dok , umur saya 21 tahun saya mengalami kecelakaan motor dan menyebabkan patah tulang paha kiri saya . Sekarang sudah kurang lebih 7 bulan pasca operasi dan saya masih menggunakan 2 tongkat untuk berjalan . Kapan saya bisa jalan normal kembali dok ?Terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Fraktur atau patah tulang adalah kondisi terjadinya tumbukan keras pada tulang sehingga tulang patah atau terjadi diskontinuitas. Jenis patah tulang sendiri beragam sehingga penyembuhan bisa berbeda-beda pada tiap kondisinya. 

Seringnya penyembuhan patah tulang panjang seperti tulang femur bisa memakan waktu 6 bulan - 12 bulan. Tetapi selama masa pemulihan juga perlu dilakukan fisioterapi untuk membantu mengembalikan kekuatan dan kemampuan area kaki dan tulang yang patah.

Upayakan melakukan aktivitas fisik berkala dan lakukan gerakan-gerakan latihan agar otot juga tidak menjadi mengecil atau terjadi atrofi otot karena tidak dilakukan aktivitas fisik.

Untuk itu disarankan melakukan kontrol pada dokter spesialis orthopedi dan dokter spesialis rehabilitasi medik untuk langkah perawatan dan rehabilitasi lanjutan. Bisa juga dibantu dengan suplemen untuk tulang dalam proses penyembuhan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AA
01 Apr 2020, 15:29
Terimakasih banyak dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jenis penyakit tulang tak hanya osteoporosis, namun juga osteopenia, osteomalasia, dan penyakit Paget.

Selain Osteoporosis, Kenali Pula Jenis Lain Penyakit Tulang Berikut Ini

Anda mungkin hanya mengenal satu penyakit tulang, yaitu osteoporosis. Padahal, ada bebeberapa penyakit tulang lain, yang patut untuk diketahui. Jenis penyakit tulang lainnya tersebut termasuk osteopenia, osteomalasia, dan penyakit Paget.